Pengaruh penggunaan smartphone sebagai media beribadah terhadap religiusitas remaja Karang Taruna Plombokan Semarang

Mertias, Enggar Ervanto (2020) Pengaruh penggunaan smartphone sebagai media beribadah terhadap religiusitas remaja Karang Taruna Plombokan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401026002_ENGGAR_ERVANTO_MERTIAS]
Preview
Text (SKRIPSI_1401026002_ENGGAR_ERVANTO_MERTIAS)
SKRIPSI_1401026002_ENGGAR_ERVANTO_MERTIAS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Smartphone adalah media baru (new media) yang masif digunakan oleh masyarakat khususnya para remaja. Kecanggihan teknologi memungkinkan smartphone untuk melakukan konvergensi media seperti menonton video, membaca berita online, mendengarkan musik, akses internet serta memiliki kemampuan layaknya komputer mini. Ironisnya remaja yang tergabung dalam karang taruna di Kelurahan Plombokan Semarang belum bisa memanfaatkan smartphone dengan bijak. 23 dari total 45 anggota karang taruna terindikasi kecanduan smartphone untuk bermain game online serta lima orang di antaranya menyimpan aplikasi “Simontok” yaitu aplikasi yang menyediakan video pornografi berbasis online. Akibatnya waktu ibadah seperti sholat lima waktu dan mengaji sering terlalaikan. Dalam penelitian ini penulis ingin mencari tahu jika smartphone digunakan untuk sarana beribadah apakah memiliki pengaruh terhadap religiusitas para remaja atau tidak. Oleh karena itu materi pembahasan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan smartphone sebagai media beribadah terhadap religiusitas remaja karang taruna Kelurahan Plombokan ?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan jenis one-group pre-post tes design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menghasilkan data primer. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji t tabel dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui adakah pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan smartphone sebagai media beribadah terhadap religiusitas remaja karang taruna Kelurahan Plombokan.
Berdasarkan uji signifikansi diketahui bahwa nilai F hitung = 43,529 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Koefisien korelasi (R) antara variabel X (penggunaan smartphone) dengan Variabel Y (religiusitas) sebesar 0,821 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,675. Artinya penggunaan smartphone sebagai media beribadah memiliki pengaruh terhadap religiusitas remaja karang taruna sebesar 0,675 atau 67,5%. Berdasarkan perhitungan statistik uji t diketahui bahwa nilai t hitung 6,598 > t tabel 2,080 artinya koefisien regresi signifikan, sehingga dapat disimpulkan hasil temuan dalam penelitian ini yaitu 1) penggunaan smartphone sebagai media beribadah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap religiusitas remaja karang taruna di Kelurahan Plombokan Semarang. 2) dari total 23 responden terdapat 9 responden yang mengalami peningkatan religiusitas tinggi, 13 responden mengalami peningkatan religiusitas yang sedang, dan 1 responden mengalami peningkatan religiusitas yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Remaja; Smartphone; Media ibadah; Karang taruna
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 24 May 2021 07:26
Last Modified: 24 May 2021 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12837

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics