Pesan keluarga dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika bagian 2

Firdaus, Luthfi Maulana (2020) Pesan keluarga dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika bagian 2. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401026005_LUTHFI_MAULANA_FIRDAUS]
Preview
Text (SKRIPSI_1401026005_LUTHFI_MAULANA_FIRDAUS)
SKRIPSI_1401026005_LUTHFI_MAULANA_FIRDAUS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Luthfi Maulana Firdaus (1401026005), Pesan Keluarga Dalam Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika Bagian 2. Skripsi, Program Studi Televisi Dakwah, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2020.
Keluarga menjadi bagian terpenting dalam masyarakat sebab untuk menghasilkan masyarakat yang baik dimulai pembinaannya di dalam keluarga. Namun, faktanya masih ada kasus yang terjadi dalam lingkup keluarga seperti kekerasan kepada orang tua, menelantarkan orang tua, hubungan badan antar saudara dan lain-lain. Masalah ini bisa diminimalisir dengan menciptakan hubungan yang harmonis dalam keluarga. Banyak hal bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menonton film bersama keluarga. Salah satu film bertema keluarga adalah film Bulan Terbelah Di Langit Amerika Bagian 2. Film ini diproduksi oleh Falcon Pictues bekerja sama dengan Maxima Pictures dan disutradarai Rizal Mantovani.
Penelitian kualitatif ini ingin menjawab bagaimana pesan keluarga yang difilmkan oleh Bulan Terbelah Di Langit Amerika Bagian 2 dengan metode analisis semiotik The Code of Television milik John Fiske. Terdapat tiga tahapan dalam metode penelitian ini yaitu, pertama level realitas, kedua level representasi dan ketiga level ideologi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama tentang khitbah (lamaran) melalui adegan Stefan yang melamar Jasmine dengan mengeluarkan cincin yang dibawanya. Kedua tentang pernikahan melalui adegan Ibrahim yang mengucapkan akad ijab qabul untuk mempersunting Azima sebagai istrinya. Ketiga tentang hak dan kewajiban suami istri seperti Hu Fei dan Wan Yin yang ingin menyelamatkan anak-anaknya dari tangan penjajah meskipun Wan Yin meninggal ditembak oleh penjajah. Selain itu ada pasangan Rangga yang selalu menjaga Hanum agar aman dari masalah. Kempat tentang birrul walidain (berbakti kepada orang tua) seperti yang dilakukan Azima yang tetap berbakti kepada ibunya meskipun sering diacuhkan bahkan tidak dianggap anaknya lagi, bahkan Azima sampai sujud di kaki ibunya karena takut apabila Azima telah menyakiti hati ibunya. Kelima tentang komunikasi antar anggota keluarga seperti Ibrahim menulis surat kepada ibu agar masalah yang terjadi bisa terselesaikan. Dan Keenam tentang kepemimpinan dalam adegan Azima yang menggantikan peran suaminya yang meninggal dengan menyediakan tempat tinggal untuk Sarah. Selain itu Hu Fei yang menasehati anak-anaknya untuk tetap tenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Keluarga; Film; Bulan Terbelah di Langit Amerika
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 24 May 2021 07:24
Last Modified: 24 May 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12838

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics