Nilai-nilai kedermawanan dalam program acara "Berbagi Rizki" di NET TV

Najja, Noor Rohmah Nailin (2020) Nilai-nilai kedermawanan dalam program acara "Berbagi Rizki" di NET TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026015_NOOR_ROHMAH_NAILIN_NAJJAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026015_NOOR_ROHMAH_NAILIN_NAJJAH)
SKRIPSI_1501026015_NOOR_ROHMAH_NAILIN_NAJJAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

“Berbagi Rizki” merupakan program acara yang diproduksi dan ditayangkan oleh stasiun televisi NET.TV dalam kemasan yang menarik dengan menyisipkan nilai kedermawanan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan judul yang diangkat, program acara “Berbagi Rizki” memiliki tujuan untuk mengajak penontonnya belajar dari kehidupan sederhana sosok inspiratif yang meskipun dalam keadaan sederhana mereka tidak pernah lupa untuk berbagi kepada sesama. Rumusan masalah yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai kedermawanan dalam program acara “Berbagi Rizki” di NET TV?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai- nilai kedermawanan yang ada dalam program acara “Berbagi Rizki” di NET TV. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi menurut Krippendorf. Peneliti menggunakan empat tahapan analisis, meliputi unit analisis, kategori, koding data dan analisis data.Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi berupa vidio tayangan program acara “Berbagi Rizki” di NET TV dengan meneliti sebanyak empat episode yang tayang pada bulan Oktober 2017 hingga bulan November 2018.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam program acara “Berbagi Rizki” di NET TV terdapat nilai-nilai kedermawanan yakni sebagai berikut: (1) Senantiasa melapangkan diri untuk memberi tanpa mengharapkan imbalan yang diterapkan dalam bentuk sikap memberi tanpa mengharapkan imbalan dengan rasa ikhlas dan hanya mengarap ridho Allah SWT.
(2) Tidak menolak apabila diminta sesuatu yang diterapkan dalam bentuk sikap ringan tangan dan selalu menerima apabila dimintai pertolongan atau bantuan dalam hal kebaikan. (3) Senantiasa memberi dan menebar kebaikan yang diterapkan dalam bentuk bentuk sikap memberikan sesuatu kepada sesama dengan pemberian yang pantas dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai kedermawanan; Berbagi rizki; Program acara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 04:23
Last Modified: 29 May 2021 04:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics