Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas remaja di SMP Negeri 2 Kaliori

Inayah, Lia (2020) Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas remaja di SMP Negeri 2 Kaliori. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1507016011_Lia Inayah]
Preview
Text (Skripsi_1507016011_Lia Inayah)
1507016011_Lia Inayah_Lengkap Tugas Akhir - inayah lia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Remaja yang memasuki masa pubertas umumnya akan mencoba banyak hal untuk mengetahui jati diri atau identitas diri yang sebenarnya dengan menggabungkan diri pada teman-temannya yang mempunyai kesamaan dalam sebuah kelompok pergaulan. Remaja tanpa identitas yang jelas akan menjadi tertekan dan kurang percaya diri karena tidak memiliki tujuan, atau bahkan menerima bila diberi label sebagai orang yang memiliki identitas negatif. Hal ini dapat mengarahkan remaja pada tindakan agresif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap agresivitas, pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas, dan pengaruh secara simultan dukungan sosial teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Kaliori yaitu sebanyak 298 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Alat ukur penelitian menggunakan skala agresivitas, skala dukungan sosial teman sebaya, dan skala intensitas penggunaan media sosial. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial variabel dukungan sosial teman sebaya terhadap agresivitas dengan signifikansi 0,038 (p<0,05), variabel intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), dan secara simultan pengaruh variabel dukungan sosial teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Secara simultan besarnya sumbangan pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap agresivitas sebesar 36,8%. Semakin rendah tingkat dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi tingkat agresivitas. Semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan media sosial maka semakin tinggi agresivitas. Serta semakin rendah tingkat dukungan sosial teman sebaya dan semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial maka semakin tinggi tingkat agresivitas remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agresivitas; Remaja; Dukungan Sosial; Media Sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 04:31
Last Modified: 29 May 2021 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics