Implementsi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Bina Amal 02 Semarang

Masruroh, Masruroh (2020) Implementsi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Bina Amal 02 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036013_Masruroh_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1503036013_Masruroh_lengkap)
1503036013_MASRUROH_LENGKAP TUGAS AKHIR - Unyiell 31.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan agama, umumnya dapat dilihat melalui akhlak siswa, karena akhlak merupakan dasar yang utama dalam pembentukan pribadi manusia yang seutuhnya. Namun pada kenyataannya pendidikan agama Islam di sekolah dianggap kurang maksimal dan mendapat sorotan serta kritik yang tajam karena belum dapat menghantarkan peserta didik menjadi pribadi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Bina Amal 02 Semarang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara triangulasi data, yaitu mengumpulkan semua data dari wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Bina Amal 02 Semarang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dengan beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, merumuskan dan menjawab pertanyaan filosofis dan desain kurikulum, 2) pelaksanaan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Bina Amal 02 Semarang dilaksanakan oleh seluruh komponen sekolah berdasarkan perencanaan yang telah disusun sesuai kebutuhan masyarakat dengan disesuaikan sumber daya yang dimiliki sekolah, dan 3) evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Bina Amal 02 Semarang dilaksanakan ketika tema selesai, namun ada juga evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester. Dilihat dari segi bentuk ada dua cara evaluasi yaitu lisan dan tertulis

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 03:01
Last Modified: 29 May 2021 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics