Metode dakwah bil lisan Habib Salim Nizar bin Abu Bakar BSA pada jamaah majlis ta'lim & dzikir "Al-'Inat" Pemalang

Larasaty, Imelda (2020) Metode dakwah bil lisan Habib Salim Nizar bin Abu Bakar BSA pada jamaah majlis ta'lim & dzikir "Al-'Inat" Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026020_IMELDA_LARASATY_Skripsi]
Preview
Text (1501026020_IMELDA_LARASATY_Skripsi)
SKRISPI_1501026020_IMELDA_LARASATY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode dakwah merupakan proses penyampaian atau cara-cara tertentu yang dilakukan seorang da’i kepada mad’u untuk mencapai suatu tujuan atas dasar hikmah dan kasih sayang. Metode dakwah bil lisan mempunyai prinsip metode dakwah yang tertera pada QS An-Nahl ayat 125 diantaranya metode dakwah bil hikmah, mauidzah hasanah dan mujadalah. Da’i yang muncul di tengah-tengah masyarakat sampai saat ini, menyampaikan dakwahnya menggunnajan metode-metode khusus yang dapat menarik perhatian masyarakat. Dari sekian banyak da’i yang melakukan kegiatan dakwah, peneliti tertarik untuk meneliti aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Habib Nizar BSA.
Penelitian ini merupakan penelitian subjek dan aktivitas dakwah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode dakwah bil lisan Habib Nizar BSA pada jamaah Majlis Ta’lim & Dzikir “AL-‘INAT” dan faktor pendukung serta penghalang yang terjadi saat dakwah dilakukan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi langsung kepada objek penelitian. Sedangkan untuk teknik analisis data penulis menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Sebagai fokus penelitian, peneliti mengambil metode dakwah bil lisan yang digunakan Habib Nizar BSA dan faktor pendukung dan penghalang dakwahnya sebagai bahan objek penelitian.
Adapun hasil penelitian ini, penggunaan motode dakwah bil lisan berupa ceramah yang digunakan dalam penerapan dakwahnya sudah tepat dan sesuai dengan prinsip metode dakwah yang tertulis dalam QS An-Nahl ayat 125 dan sesuai jika diterapkan pada jamaah Majlis Ta’lim & Dzikir “AL-‘INAT” Pemalang. Adapun prinsip dakwah bil hikmah da’i melihat keadaan mad’u, baik, tepat dan tegas, mauidzah hasanah, da’i berdakwah dengan diselipi nasihat yang baik dan mujadalah, dakwah yang dilakukan sesuai dengan keperluan mad’u dalam mencari jawaban problem permasalahan pribadi meskipun prinsip dakwah mujadalah jarang dihadapi oleh Habib Nizar BSA. Adapula faktor pendukung meliputi: materi-materi dakwah bil lisan mudah diterima oleh mad’u, materi disertai kosakata humor serta pembacaan sholawat Nabi, penekanan materi dakwah bil lisan yang diambil dari kitab tertentu, metode dakwah bil lisan lebih fleksibel, keterbukaan masyarakat dengan kegiatan dakwah bil lisan yang dilakukan, keterlibatan tokoh desa dan media yang digunakan sudah disediakan. Sedangkan faktor penghambat meliputi: da’i kurang bisa mengetahui pemahaman mad’u, komunikasi hanya berjalan satu arah, metode tanya jawab yang diserahkan dibawah kertas materi jarang digunakan mad’u, serta sifat malas untuk mengikuti kegiatan dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: dakwah; metode dakwah: dakwah bil lisan; Habib Salim Nizar; Majlis Ta’lim & Dzikir “AL-‘INAT”; Pemalang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 05:07
Last Modified: 29 May 2021 05:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics