Pelaksanaan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMAN 12 Semarang

Munir, Sahrul (2020) Pelaksanaan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMAN 12 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Sahrulmunir_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_Sahrulmunir_lengkap)
1503036028_Sahrul Munir_Lengkap Tugas Akhirr - Sahrul Munir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerintah menetapkan kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru agar kualitas pendidikan merata sehingga tidak ada sekolah favorit dan non-favorit. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi dan untuk menunjukkan dampak sistem zonasi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini dibatasi dengan rumusan masalah; bagaimana implikasi sistem zonasi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 12 Semarang? bagaimana dampak pelaksanaan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 12 Semarang?
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan diskusi teman sejawat dan kecukupan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Implikasi sistem zonasi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 12 Semarang yaitu sekolah memberikan bimbingan secara terus-menerus kepada siswa yang bermasalah; berusaha menjadi teladan bagi siswa dalam hal kedisiplinan waktu; berkomitmen memberi reward bagi siswa yang berperilaku baik dan telah melaksanakan tugas dengan baik; 2). Dampak yang dirasakan SMA Negeri 12 Semarang setelah pelaksanaan PPDB berbasis zonasi yaitu sekolah sulit mendapatkan siswa yang baik; tugas sekolah menjadi lebih berat dalam menangani siswa terutama anak-anak yang memiliki NEM di bawah standar; sekolah sulit berkembang dengan kualitas siswa yang bervariasi;
Saran: 1). Sebagai antisipasi penanganan siswa yang lambat dalam menerima pelajaran sebaiknya orang tua diikutsertakan dalam melakukan pengawasan terhadap anak. 2). Sekolah hendaknya lebih fokus bagaimana mengolah siswa yang memiliki input rendah agar mempunyai output yang baik ketika lulus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerimaan peserta didik baru; Sistem zonasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 04:10
Last Modified: 29 May 2021 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics