Encyclopedia explore botanical illustration berintegrasi islam sebagai sumber belajar materi struktur dan jaringan pada tumbuhan

Nurutstsany, Elfrida (2020) Encyclopedia explore botanical illustration berintegrasi islam sebagai sumber belajar materi struktur dan jaringan pada tumbuhan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608086020_Elfrida Nurutstsany]
Preview
Text (Skripsi_1608086020_Elfrida Nurutstsany)
1608086020_Elfrida Nurutstsany_Lengkap Tugas Akhir - Elfrida Nurutstsany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan informasi yang harus dipenuhi oleh sekolah berkepadatan tinggi. Sumber belajar menjadi sarana alternatif untuk memenuhi kebutuhan informasi praktikum botani. Tuntutan kurikulum 2013 agar peserta didik dapat belajar mandiri secaraa aktif, kritis, dan kreatif. Tujuan dari pengembangan penelitian ini adalah untuk mengembangkan ensiklopedia dan menguji kualitas ensiklopedia yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan ensiklopedia ilustrasi botani adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Design, Define, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan tahun 1974. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli integrasi sebagai validator kelayakan ensiklopedia. Validasi oleh Guru biologi, peer reviewer, dan peserta didik SMA sebagai respon pengguna. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan skala likert. Persentase hasil validasi dari ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 73%, ahli integrasi sebesar 88%, guru biologi sebesar 93%, dan peer reviewer sebesar 92%. Rata-rata persentase adalah 88% yang tergolong dalam kategori sangat valid. Uji skala kecil dengan 9 peserta didik mendapatkan persentase sebesar 89% yang menunjukkan sangat valid sehingga dapat dilanjutkan pada uji skala lebih luas. Uji skala lebih luas dengan 48 peserta didik menunjukkan persentase sebesar 85% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ensiklopedia Ilustrasi Botani layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia; Ilustrasi Botani; Kelayakan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 503 Dictionaries and encyclopedias
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 05:11
Last Modified: 29 May 2021 05:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12882

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics