Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Based Unity Of Sciences (DBUS) pada materi sistem reproduksi kelas xi SMA

Priyanti, Kiky Anggreini (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Based Unity Of Sciences (DBUS) pada materi sistem reproduksi kelas xi SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1608086025_Kiky Anggreini Priyanti_Skripsi]
Preview
Text (1608086025_Kiky Anggreini Priyanti_Skripsi)
1608086025_KIKY ANGGREINI PRIYANTI_SKRIPSI FULL - Kiky Anggreini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran berbasis Discovery Based Unity of Sciences (DBUS) menuntut siswa untuk dapat mencari, mengidentifikasi dan menemukan permasalahan yang ada di sekitar lingkungan siswa dengan tujuan untuk mengembangkan sikap spiritual siswa serta melatih untuk berpikir kritis. Siswa SMA N 9 Semarang 90% beragama Islam, hal ini bisa dijadikan potensi untuk menerapkan model pembelaran DBUS. Hal pertama yang dilakukan peneliti adalah melakukan analisis kebutuhan (need analysis) dengan mewawancarai guru biologi, menganalisis terhadap perangkat pembelajaran kelas XI semester genap dan membagikan angket kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis perangkat pembelajaran tersebut diperoleh data bahwa RPP yang digunakan belum terintegrasi kesatuan ilmu dan belum mengikuti SE nomor 14 tahun 2019 tentang pentederhanaan RPP, kemudian sikap spiritual dan keterampilan berpikir siswa masih rendah serta dalam proses penilaian dilakukan sepihak oleh guru, sehingga tidak ada evaluasi atau keterlibatan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Based Unity of Sciences (DBUS) pada materi sistem reproduksi. Produk perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD dan instrumen self and peer assessment. Harapannya peserta didik mampu meningkatkan sikap spiritualnya dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Uji validitas dilakukan oleh ahli pendidikan, ahli materi, ahli media dan ahli integarsi nilai Islam. Hasil persentase RPP sebesar 89,23%, LKPD 91,35% dan instrumen self and peer assessment sebesar 88,53%. Uji lapangan dilakukan dua kali uji, yaitu uji lapangan skala terbatas dan uji lapangan skala luas. Uji lapangan skala terbatas dilakukan oleh 5 peserta didik, untuk LKPD dan instrumen self and peer assessment memperoleh hasil kelayakan dengan persentase 85,6%. Kemudian uji skala luas dilakukan oleh 30 peserta didik, untuk LKPD memperoleh hasil kelayakan dengan persentase 81,3% dan instrumen self and peer assessment memperoleh hasil kelayakan dengan persentase 81,2%. Hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran berbasis DBUS yaitu sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Discovery Based Unity of Sciences (DBUS); Sistem Reproduksi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 05:21
Last Modified: 29 May 2021 05:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics