Manajemen mutu pembelajaran tahfidzul qur’an di MA NU Banat Kudus

Nilasari, Yuwis Putri (2020) Manajemen mutu pembelajaran tahfidzul qur’an di MA NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036029_Yuwis Putri nirmala_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1503036029_Yuwis Putri nirmala_lengkap)
1503036029_yuwis full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mutu pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Kajiannya dilatar belakangi oleh mutu pelaksanaan pembelajaran yang seringkali belum efektif, sehingga kualitas pembelajaran perlu dilaksanakan untuk membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana mutu perencanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus? (2) Bagaimana mutu pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan penedekatan penelitian. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mutu Perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MA NU Banat Kudus. Penyusunan program kerja dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran yang didalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran tiap proses pembelajaran. (2) Mutu Pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MA NU Banat Kudus yang dilaksanakan oleh guru Madrasah. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari pada saat kegiatan proses pembelajaran. (3) Dalam melaksanakan Mutu evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MA NU Banat Kudus guru melakukan tes untuk peserta didik, baik tes tertulis, lisan, maupun perbuatan yang dilakukan oleh peserta didik pada saat pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini memberikan saran bahwa Proses Perencanaan, diharapkan bisa dilakukan dengan maksimal menggunakan sumber daya yang ada, sehingga hasil yang diperoleh bisa meningkatkan secara siginfikan. Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an diharapkan mampu menyesuaiakan dengan tujuan dan ide yang telah disusun dalam perencanaan, sehingga penjaminan mutu pembelajaran tahfidzul qur’an mampu berjalan dengan maksimal. Serta proses evaluasi diharapkan mampu dilaksanakan secara maksimal dan terstruktur dengan memperhatikan masalah-masalah yang timbul untk dapat segera dilakukan perbaikan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Mutu pembelajaran; Tahfidzul Qur’an; MA NU Banat Kudus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 04:47
Last Modified: 29 May 2021 04:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics