Teknik penyiar dalam menyampaikan pesan dakwah di radio DAIS 107.9 FM Semarang

Nurtiasa, Ilma (2020) Teknik penyiar dalam menyampaikan pesan dakwah di radio DAIS 107.9 FM Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026044_ILMA_NURTIASA]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026044_ILMA_NURTIASA)
SKRIPSI_1501026044_ILMA NURTIASA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (880kB) | Preview

Abstract

Ilma Nurtiasa, NIM: 1501026044 dengan judul skripsi: “Teknik Penyiar dalam Menyampaikan Pesan Dakwah di Radio Dais 107.9 FM Semarang”. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa peran penyiar sangatlah penting, maka dengan itu bagaimana seorang penyiar melakukan aktivitas siaran khususnya dalam bertutur sehingga pendengar dapat merasa nyaman untuk selalu mendengarkan program-program di stasiun radio DAIS dan dapat memahami pesan yang disampaikan dengan mudah. Sebagai perumusan masalah adalah bagaimana teknik siaran yang digunakan oleh penyiar Fadjar di radio DAIS 107.9 FM Semarang dalam menyampaikan pesan dakwah?
Metode penelitian, meliputi: jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis yaitu deskriptif kualitatif. Data primer adalah hasil wawancara dengan penyiar Fadjar di radio DAIS 107.9 FM Semarang dan observasi. Data sekunder adalah buku, skripsi, tesis, jurnal, artikel, surat kabar, majalah dan lain-lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prinsipnya teknik siaran penyiar Fadjar di Radio DAIS menggunakan teknik ad libitum dan teknik membaca naskah (script reading). Teknik ad libitum yaitu siaran tanpa naskah. Penyiar berbicara santai, enjoy, tanpa beban atau tanpa tekanan, sesuai dengan seleranya namun sesuai dengan rambu-rambu atau kaidah-kaidah siaran. Teknik script reading berarti siaran dengan bantuan naskah. Siaran yang dilakukan dengan membaca naskah yang sudah disiapkan, baik disiapkan oleh penyiar sendiri maupun orang lain (scriptwriter). Penyiar Radio Dais 107.9 FM Semarang dalam menyampaikan pesan dakwah senantiasa memperhatikan 4 hal, yaitu mengenal khalayak sasaran (pendengar), mengangkat tema dakwah yang sedang aktual, metode penyampaian yang tepat, memanfaatkan teknologi multimedia. Radio Dais menggunakan metode yang berbeda sesuai dengan program acara seperti: metode informatif, metode yang digunakan Radio Dais untuk memberikan informasi dituangkan dalam program berita dari RRI, nada Islami, Indonesia menyapa, dan silaturrahmi. Metode persuasif seperti program kuliah pagi dan renungan. Metode edukatif, metode ini digunakan untuk memberikan pengajaran dan pendidikan seperti program acara wisata hati, kewirausahaan, asmaul husna, dan muhasabah. Dalam penyusunan pesan komunikasi, Radio Dais mengangkat tema yang sedang aktual. Misalnya dalam program acara Kuliah Ahad Pagi yang disiarkan setiap Ahad pukul 07.00-08.00 WIB menguraikan tentang Qur’an hadits yang penjelasannya dikaitkan dengan isu-isu terkini. Contoh kajian kitab tauhid, nanti dikaitkan dengan isu-isu intoleransi beragama umpamanya. Kajian syariah, nanti dikaitkan dengan isu-isu perbedaan pendapat dalam masalah furuiyah (masalah cabang, bukan prinsip). Kajian akhlaq tasawuf, nanti dikaitkan dengan isu-isu mengisi diri dengan perbuatan-perbuatan terpuji (mahmudah), membersihkan diri dari perbuatan-perbuatan tercela (mazmumah). Streaming (radio internet) memudahkan pendengar untuk melihat pesan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik penyiar; pesan dakwah; Radio Dais 107.9 FM Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 06:47
Last Modified: 29 May 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics