Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang

Wicaksono, Agung (2020) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036032_Agung wicaksono_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1503036032_Agung wicaksono_lengkap)
1503036032_AGUNG WICAKSONO_FULL SKRIPSI - wica 48.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pemustaka merupakan faktor penting perpustakaan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pemustaka adalah kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka? 2) Apakah terdapat pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pemustaka? 3) Apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Uin Walisongo?
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. teknik pengumpulan data menggunakan angket. Responden penelitian ini adalah 342 Mahasiswa UIN walisongo Semarang. Untuk menentukan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael.
Berdasarkan hasil analisi data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka dengan memberikan sumbangan sebesar 45% dan sisanya sebesar 55%. Terdapat pengaruh yang signifikan anatara fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka dengan sumbangan sebesar sebesar 55% dan sisanya sebesar 45%. Terdapat pengaruh yang signifikan anatara kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama terhadap kepuasan pemustaka dengan memberikan sumbangan sebesar 59,0% dan sisanya sebesar 41,0% dipengaruhi oleh faktor lain.
Perpustakaan sarankan untuk menambah koleksi referensi yang sesuai kebutuhan pemustaka. menambah pengatur suhu ruangan. Menambah tempat penitipan barang. Meningkatkan kecepatan atau ketanggapan petugas dalam pelayanan. Meningkatkan kualitas bahan koleksi perpustakaan dan membuat inovasi baru desain ruang perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pualitas pelayanan; Pemustaka; UPT Perpustakaan UIN Walisongo
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences
000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 023 Personnel administration
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 05:02
Last Modified: 29 May 2021 05:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12897

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics