Uji aktivitas antioksidan fraksi etil asetat limbah daun ketapang (terminalia catappa l.) menggunakan metode dpph (1,1-difenil-2-pikrilhidrazin)

Wahidah, Shilfi Millati (2020) Uji aktivitas antioksidan fraksi etil asetat limbah daun ketapang (terminalia catappa l.) menggunakan metode dpph (1,1-difenil-2-pikrilhidrazin). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1508036016_Hilfi Millati Wahidah_Skripsi_lengkap]
Preview
Text (1508036016_Hilfi Millati Wahidah_Skripsi_lengkap)
1508036016_Shilfi Millati Wahidah_Full Skripsi - Shilfy Milla.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tubuh memerlukan antioksidan guna memproteksi dari serangan radikal bebas. Senyawa antioksidan yang diproduksi oleh tubuh secara fisiologis hanya berperan sebagai regulator dalam metabolisme. Oleh karena itu, tubuh memperlukan antioksidan dari luar untuk memproteksi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan dari luar terbagi menjadi antioksidan alami dan antioksidan sintetik. Antioksidan sintetik apalagi dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping salah satunya yaitu penuaan dini. Ketapang (Terminalia catappa L.) dilaporkan dapat digunakan sebagai antioksidan alami, terutama dibagian daun. Kesamaan senyawa metabolit sekunder di daun dan limbah daun yang berpotensi sebagai antioksidan memungkinkan limbah daun juga berpotensi sebagai antioksidan. Aktivitas antioksidan fraksi etil asetat limbah daun ketapang diuji dengan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazin). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fraksi etil asetat limbah daun ketapang mengandung senyawa alkaloid, fenol, flavonoid, tanin, dan steroid. Frak etil asetat limbah daun ketapang tergolong kedalam antioksidan yang sangat kuat dengan IC50¬ 0,394 ppm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frakksi etil asetat limbah daun ketapang berpotensi sebagai antioksidan alami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terminalia catappa L.; etil asetat; limbah daun ketapang; antioksidan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 06:50
Last Modified: 29 May 2021 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12898

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics