Pengembangan media dakwah melalui serial animasi untuk anak-anak

Unikmah, Sifa (2020) Pengembangan media dakwah melalui serial animasi untuk anak-anak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026045_SIFA_UNIKMAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026045_SIFA_UNIKMAH)
SKRIPSI_1501026045_SIFA_UNIKMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah dengan sasaran anak-anak memiliki urgensi tersendiri. Hal ini didasarkan pada golden period yang dimiliki setiap anak. Golden period dapat menjadi sebuah momentum terbaik dalam mempersiapkan masa depan anak. Dalam masa tersebut, anak perlu mendapat asupan pemahaman dasar tentang berbagai hal. Salah satunya yakni pemahaman tentang keislaman. Pemahaman keislaman lazimnya disampaikan secara langsung oleh orangtua dalam lingkaran keluarga dan disampaikan oleh ustaz atau guru dalam lingkungan pendidikan. Namun, satu sisi terdapat kendala dalam hal penyampaian materi keislaman melalui dakwah pendidikan. Kendala tersebut berupa tidak tersampainya pesan kepada anak yang disebabkan oleh penggunaan media dan materi yang tidak sesuai dengan karakteristik anak. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini mengambil fokus pada bagaimana proses pengembangan media dakwah animasi dan tingkat efektifitasnya terhadap kegiatan dakwah anak-anak.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses produksi sebuah media animasi secaa detil dan mengetahui tingkat efektifitas media animasi. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti yakni model ADDIE. Pemlihan ini berdasar pada tingkat efektifitas dan sistematisnya model tersebut untuk digunakan dalam penelitian dan pengembangan media dakwah. Pengembangan ini dimulai dari tahap analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis yang digunakan yakni dengan melakukan dua kali analisis berupa data kualititatif dari saran validator ahli dan analisis data kuantitatif dari hasil pelaksanaan pre test dan post test anak-anak.
Hasil penelitian dan pengembangan ini yakni media animasi dengan tiga seri atau episode. Ketiga temanya merujuk pada kebutuhan dasar anak, yakni tema saling menghormati sesama, menolong sesama, dan adab makan minum. Media animasi tersebut kemudian diujikan kepada ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kevalidan media. Media animasi memeroleh prosentase 83% untuk aspek media dan 79% untuk aspek materi, sehingga dinyatakan layak untuk digunakan. Sedangkan nilai efektivitas media diperoleh kenaikan nilai dari pre test dan post test dengan total prosentase klasikalnya sebesar 80%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; media dakwah; film animasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 06:55
Last Modified: 29 May 2021 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12901

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics