Teknik penyampaian pesan akhlak mahmudah dalam film animasi Omar dan Hana

Aridlo, Muhammad Alid (2020) Teknik penyampaian pesan akhlak mahmudah dalam film animasi Omar dan Hana. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026053_MUHAMMAD_ALI_ARIDLO]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026053_MUHAMMAD_ALI_ARIDLO)
SKRIPSI_1501026053_MUHAMMAD_ALI_ARIDLO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Film animasi dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia, terutama di kalangan anak-anak. Film animasi bisa menjadi hiburan sekaligus media menyampaikan pesan. Akan tetapi kebanyakan memiliki efek negatif karena masih banyak yang mengandung unsur kekerasan, kurang empati serta bahasa yang kasar. Efek negatif tersebut dapat mempengaruhi akhlak atau perilaku dalam proses tumbuh kembang anak. Seperti film Tom and Jerry yang sering menampilkan adegan saling memukul atau adegan yang menyebabkan satu sama lain jatuh dari ketinggian tanpa ada konsekuensinya.
Berbeda dengan film animasi Omar dan Hana, film ini dapat menjadi media hiburan sekaligus media menyampaikan pesan terutama pesan akhlak yang baik menurut tuntunan Al-Quran. Animasi ini mempunyai durasi 7 menit dalam setiap episodenya. Dari hal diatas penulis meneliti film animasi dengan subjek penelitiannya film animasi Omar dan Hana. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apa saja nilai akhlak mahmudah dalam film animasi Omar dan Hana? 2) Bagaimana teknik penyampaian pesan akhlak mahmudah dalam film animasi Omar dan Hana?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai akhlak mahmudah serta teknik penyampaian pesan akhlak mahmudah dalam film animasi Omar dan Hana.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini berupa video film animasi “Omar dan Hana” yang diperoleh dari chanel youtube official “Omar & Hana – Lagu Kanak-kanak Islam” yang tayang pada bulan Mei - September 2019. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi menurut Klaus Krippendorff.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film animasi Omar dan Hana mengandung nilai akhlak, yaitu akhlak mahmudah. Nilai akhlak mahmudah yang teridentifikasi yaitu: a) Sabar: episode misi puasa 2 adegan, episode nak atuk nenek 1 adegan, episode jom kita tolong 1 adegan; b) Amanah: episode jus viral 2 adegan; c) Kasih sayang: episode nak atuk nenek 1 adegan; d) Hemat: episode air habis 1 adegan; e) Menepati janji: episode cantiknya bunga api 1 adegan; f) Pemaaf: episode cuci tangan dulu 1 adegan; g) Tolong-menolong: episode jom kita tolong 2 adegan; h) Jujur: episode cuci tangan dulu 1 adegan, episode kotak apa ni? 2 adegan, episode air habis 1. Sedangkan teknik penyampaian pesannya melalui adegan, dialog, tata suara (ilustrasi musik, themesong, sound effect, dan IT Sound), lokasi dan teknik pengambilan gambarnya. Teknik komunikasi efektif yang diidentifikasi dalam dialog film ini diperoleh dua teknik, yakni teknik komunikasi persuasif terdapat dalam 10 adegan di 5 episode dan teknik komunikasi informatif terdapat dalam 7 adegan di 4 episode.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai akhlak mahmudah; Teknik penyampaian pesan, Film animasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 06:56
Last Modified: 29 May 2021 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12902

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics