Sustainability media komunitas berbasis keagamaan : studi kasus radio Askhabul Kahfi 107.7 FM

Huda, Khozainul (2020) Sustainability media komunitas berbasis keagamaan : studi kasus radio Askhabul Kahfi 107.7 FM. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026059_KHOZAINUL_HUDA]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026059_KHOZAINUL_HUDA)
SKRIPSI_1501026059_KHOZAINUL_HUDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Era saat ini media komunitas berkembang sangat pesat. Hal itu karena teknologi komunikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia saat ini. Namun dalam perjalanannya, radio komunitas sebagai salah satu jenis media komunitas banyak menghadapi masalah dan hambatan yang membuatnya kurang bisa berkembang, bahkan tidak mampu mempertahankan keberlanjutan eksistensinya. Sehingga banyak radio-radio komunitas yang mengalami kemacetan dan bahkan tidak terlihat lagi aktivitasnya. Oleh karena itu, radio-radio komunitas perlu melakukan upaya-upaya agar mampu mempertahankan keberlanjutan eksistensinya. Sebab radio komunitas merupakan salah satu bentuk kemudahan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat komunitas tertentu. Radio Aska FM adalah salah satu radio komunitas yang masih aktif dan terus melakukan upaya-upaya untuk mempertahankan keberlanjutannya sebagai media dakwah. Hal itu dilakukan karena mengingat bahwa dakwah adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam, dan kehadirannya banyak diminati oleh masyarakat sekitar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapaun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bahwa sustainability media komunitas berbasis keagamaan di Radio Aska 107.7 FM meliputi tujuh bagian. Tata kelola (governance) meliputi baik Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu memiliki SDM yang melimpah karena merekrut para santri dan dikelola oleh para santri. Sarana dan prasarana aktif dilakukan penyervisan setiap satu tahun sekali, dan keuangan tinggal mengajukan, karena sudah ditanggung penuh oleh Pondok Pesantren Askhabul Kahfi. Kepemimpinan (leadership) yaitu di pimpin langsung oleh pendiri Ponpes Askhabul Kahfi yaitu K.H Masruchan Bisri yang merupakan sosok pemimpin yang berprestasi dan aktif dalam menunjang kemajuan Radio Aska FM. Rencana bisnis (business plan), yaitu dengan berusaha menjangkau seluruh kalangan masyarakat dan berusaha mengaktifkan program-program pengajian dengan menyajikan materi sesuai dengan keadaan pendengar maupun lingkungan sekitar agar siarannya tetap diminati oleh para pendengar. Pengukuran dan pelaporan (measure and report), yaitu keberradaan dan kegiatannya sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, dan melakukan pelaporan sesegera mungkin ketika terjadi suatu masalah. Pembelajaran organisasi (organisation learning), yaitu adanya pembelajaran rutin setiap minggunya dan adanya studi banding ke radio-radio lain. Budaya (culture), yaitu dengan mempertahankan kearifan budaya lokal Ponpes Askhabul Kahfi dan budaya rutin kegiatan produksi program dan metode pengajian. Sistem informasi (information system), yaitu dengan memanfaatkan jejaring internet melalui sosial-sosial media untuk memperluas dalam memberikan informasi. Dengan melakukan upaya-upaya yang meliputi tujuh bagian tersebut, Radio Aska FM mampu mepertahankan keberlanjutan eksistensinya sebagai media dakwah baik untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sustainability; strategi; media komunitas; Radio Aska 107.7 FM; dan segmentasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 07:21
Last Modified: 29 May 2021 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics