Strategi pengembangan kurikulum pondok pesantren salaf-modern (Studi Analisis Pondok Pesantren Darul Qalam Ngaliyan)

Nisa’, Dhurrotun (2020) Strategi pengembangan kurikulum pondok pesantren salaf-modern (Studi Analisis Pondok Pesantren Darul Qalam Ngaliyan). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503036093_Dhurrotun Nisa_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1503036093_Dhurrotun Nisa_Skripsi_Lengkap)
1503036093_Dhurrotun Nisa_Lengkap Tugas Akhir - durrotun nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (648kB) | Preview

Abstract

Dalam masalah keilmuan terjadi kesenjangan, keterasingan dan diferensiasi antara keilmuan pesantren dengan dunia modern. Maka pondok pesantren harus berbenah untuk menjawab tantangan terhadap kebutuhan masyarakat saat ini maupun akan datang. Salah satunya adalah melakukan pengembangan kurikulum. Untuk mengembangkan kurikulum pondok pesantren tersebut diperlukan strategi agar pondok pesantren tersebut mampu eksis dan bersaing dengan pondok pesantren lainnya. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: Bagaimana perencanaan yang dilakukan Pondok Pesantren, bagaimana pelaksanaan kurikulum yang diterapkan di pondok pesantren Pondok Pesantren Darul Qalam.
Penelitian strategi pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data melalui melalui proses reduksi data, display data, dan terakhir adalah pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dalam strategi pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darul Qalam meliputi penentuan visi dan misi pondok, konsep dan pengembangan kurikulum dengan menciptakan metode-metode salah satunya I’rab al-Qur’an yaitu metode/cara cepat bisa membaca kitab kuning, dan penyusunan program pondok pesantren sesuai dengan visi dan misi. (2) Pelaksanaan kurikulum merupakan salah satu tahapan strategi pengembangan kurikulum yang meliputi kegiatan-kegiatan yang yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Qalam, kegiatan-kegiatan tersebut dibagi menjadi 3; program reguler, program ekstrakurikuler, dan program khusus.
Kesimpulan dari penelitian memberikan saran bahwa Proses perencanan diharapkan bisa dilakukan dengan baik dengan memaksimalkan sumber daya yang ada, sehingga hasil yang diperoleh bisa meningkat secara signifikan. Pelaksanaan kurikulum diharapkan mampu menyesuaikan dengan tujuan dan ide yang telah disusun dalam perencanaan kurikulum, sehingga strategi pengembangan mampu berjalan dengan maksimal. Serta Proses evaluasi diharapkan mampu dilaksanakan secara maksimal dan terstruktur dengan memperhatikan masalah-masalah yang timbul untuk dapat segera dilakukan perbaikan lebih lanjut

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan kurikulum; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 07:23
Last Modified: 29 May 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics