Efektivitas modul kimia bermuatan pendidikan karakter pada materi elektrokimia program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap hasil belajar dan karakter peserta didik kelas x di smk negeri 7 semarang

Pamordiana, Habiba (2020) Efektivitas modul kimia bermuatan pendidikan karakter pada materi elektrokimia program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap hasil belajar dan karakter peserta didik kelas x di smk negeri 7 semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 1608076049_Habiba Pamordiana_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1608076049_Habiba Pamordiana_Skripsi_Lengkap)
1608076049_Habiba Pamordiana_Full Skripsi - habiba diana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya sumber belajar, tidak terdapat kerterkaitan ilmu kimia dengan jurusan yang mereka ambil, keberlangsungan pembelajaran yang kurang menyenangkan, materi dalam mata pelajaran kimia dianggap sulit oleh peserta didik terutama elektrokimia, dan masih ditemukannya kasus degradasi moral dikalangan peserta didik seperti kebiasaan mencotek dan tawuran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas modul kimia bermuatan pendidikan karakter program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap hasil belajar dan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuantitatif metode eksperimen dengan desain non equivalence control group design. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, soal tes (hasil belajar) bentuk multiple choice, angket non-tes (karakter peserta didik), dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian yaitu semua peserta didik kelas X TTL SMK N 7 Semarang yang terbagi menjadi dua kelas. Tipe teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampling jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji t-test dan N-gain.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,05 dan kelas kontrol sebesar 68,50. Hasil uji t-test dengan menggunakan uji independent test dihasilkan thitung=5,268>ttabel=1,996 dalam taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini juga. didukung oleh nilai N-gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi) dan kelas kontrol N-gain sebesar 0,58 (kategori sedang). Sedangkan rata-rata karakter kelas eksperimen sebesar 79,25 dan kelas kontrol sebesar 56,05. Hasil uji t-test dengan menggunakan uji independent test dihasilkan thitung=15,086> ttabel=1,996 dalam taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini juga didukung oleh nilai N-gain karakter eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan kelas kontrol N-gain sebesar 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul kimia bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar dan karakter peserta didik kelas X TTL SMK N 7 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Modul; SMK; Pendidikan Karakter; Elektrokimia; Hasil belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 07:42
Last Modified: 29 May 2021 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics