Pesan dakwah M. Quraish Shihab tentang toleransi dalam program acara Shihab & Shihab Spesial Ramadhan Cinta Pada Video Youtube : 2018

Khasanah, Nur (2020) Pesan dakwah M. Quraish Shihab tentang toleransi dalam program acara Shihab & Shihab Spesial Ramadhan Cinta Pada Video Youtube : 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026069_NUR_KHASANAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026069_NUR_KHASANAH)
SKRIPSI_1501026069_NUR_KHASANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (722kB) | Preview

Abstract

Nur Khasanah, NIM: 1501026069 dengan judul skripsi: “Pesan Dakwah M. Quraish Shihab tentang Toleransi dalam Program Acara Shihab & Shihab Spesial Ramadhan Cinta pada Video Youtube (2018)”. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa dipilihnya judul “Toleransi” adalah karena banyaknya dijumpai peristiwa intoleransi dalam kehidupan sehari-hari seperti Saling mengejek agama, membeda bedakan agama dalam bergaul, menggangu orang yangg sedang beribadah, penyerangan Klenteng di Kediri, Gereja di Samarinda dilempar bom molotov dan lain-lain. Perbedaan sering memicu permusuhan, saling mengkafirkan, saling mengklaim ”Akulah yang paling benar”, sehingga merusak hubungan harmonis dan kerukunan. Perumusan masalahnya adalah bagaimanakah pesan dakwah M. Quraish Shihab tentang toleransi beragama dalam program acara Shihab & Shihab spesial Ramadhan cinta pada video youtube (2018)? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan dakwah program acara Shihab & Shihab spesial Ramadhan cinta pada video youtube (2018).
Metode penelitian, meliputi: jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif. Data primer adalah dalam penelitian ini adalah video youtube (2018) dalam program acara Shihab & Shihab spesial Ramadhan cinta. Data sekunder adalah buku, skripsi, tesis, jurnal, artikel, surat kabar, majalah dan lain-lain. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif atau deskriptif analisis. Cara kerja deskriptif analisis sebagai berikut: a. menemukan pola atau tema tertentu. Artinya, penulis berusaha menangkap karakteristik video youtube (2018) dan tokoh dengan cara menata dan melihatnya berdasarkan dimensi suatu bidang keilmuan sehingga dapat ditemukan pola atau tema tertentu; b. mencari hubungan logis antar teks pada video youtube dan tokoh dalam berbagai bidang, sehingga dapat ditemukan alasan mengenai pesan tersebut. Di samping itu, penulis juga berupaya untuk menentukan arti di balik pesan, berdasarkan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang mengitarinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah M. Quraish Shihab tentang toleransi beragama dalam program acara Shihab & Shihab spesial Ramadhan cinta pada video youtube (2018) mengandung 4 pesan utama: pertama, toleransi sebagai ajaran Islam; kedua, toleransi dan pluralitas agama; ketiga, toleransi dan kerukunan; keempat, toleransi dan keteladanan Rasulullah. Toleransi sebagai ajaran Islam yang terkandung dalam pesan dakwah Shihab tergambar secara eksplisit pada bagian seperti berikut ini: “Islam mengajarkan bahwa adanya perbedaan diantara manusia, baik dari sisi etnis maupun perbedaan keyakinan dalam beragama merupakan fitrah dan sunnatullah atau sudah menjadi ketetapan Tuhan, tujuan utamanya adalah supaya diantara mereka saling mengenal dan berinteraksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Shihab; Toleransi; video youtube : 2018
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 07:26
Last Modified: 29 May 2021 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics