Nilai-nilai dakwah tentang ikhlas dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”

Ansori, Muhamad (2020) Nilai-nilai dakwah tentang ikhlas dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026074_MUHAMAD_ANSORI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026074_MUHAMAD_ANSORI)
SKRIPSI_1501026074_MUHAMAD_ANSORI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas utama manusia hidup di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah, dalam setiap aktivitas perbuatan semata ditujukan untuk Allah bukan karena orang lain, dengan demikian ikhlas berarti sebagai syarat diterimanya setiap amal dan ibadah. Film termasuk memberikan pengaruh yang besar dalam setiap insan, penonton bukan hanya memahami dan merasakan dengan apa yang ia tonton dalam film mereka juga seolah-olah mengalami sendiri adegan-adegan yang disajikan dalam film. Nilai-nilai ikhlas banyak yang terkandung dalam setiap adegannya, seperti yang diperankan oleh tokoh Fisya, Alif, Abi Husein, Umi Riri, dan pemeran lainya, nilai ikhlas dalam penerapanya juga dikemas secara apik dan tidak terduga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai dakwah tentang ikhlas yang terdapat dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”. Penulis menggunakan penelitian kualitiatif dengan metode analisis isi (Content Analysis) oleh Krippendorf.
Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 nilai-nilai ikhlas. Nilai-nilai ikhlas dan penerapanya yang dilakukan adalah (berserah diri kepada allah, berdo’a meminta kapada allah, melaksanakan shalat, membaca al qur’an dan bersyukur menerima apa yang dikehendaki oleh Allah). Sedangkan kesimpulan untuk teknik penerapannya sebagai berikut: Adegan, menunjukakan alur dalam cerita, dialog adalah kata-kata pemeran dalam percakapan, tata suara digunakan sebagai bunyi-bunyi yang digunakan melatar belakangi adegan dan digunakan sebagai penunjang sebuah gambar, setting sebagai lokasi atau tempat kejadian, pengambilan gambar sesuai kebutuhan dala m film, dan dialog adalah kata-kata pemeran dalam percakapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai dakwah; Media dakwah; Ikhlas; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:15
Last Modified: 07 Jun 2021 06:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics