Bimbingan keagamaan untuk mengurangi kecemasan pada lansia penderita rheumatoid arthritis di Panti Wredha Harapan Ibu Ngaliyan Semarang

Nasihah, Zumrotun (2020) Bimbingan keagamaan untuk mengurangi kecemasan pada lansia penderita rheumatoid arthritis di Panti Wredha Harapan Ibu Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016072_Zumrotun_Nasihah]
Preview
Text (Skripsi_1501016072_Zumrotun_Nasihah)
Skripsi_1501016072_Zumrotun_Nasihah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari karena sebagian besar lanjut usia penderita rheumatoid arthritis mengalami perubahan fisik kearah penurunan fungsi biologis, psikologis, sosial dan ekonomi. Salah satunya fungsi psikologis di mana para lanjut usia tersebut mengalami kecemasan. Kecemasan yang dialami oleh para lanjut usia beragam mulai dari merasa tidak bisa beraktifitas seperti biasa karena perununan fungsi fisik, tidak bisa beribadah secara optimal, kehilangan nafsu makan karena penyakit yang diderita dan lain sebagainya. Kecemasan sifatnya bisa ringan akan tetapi bisa juga serius sehingga memerlukan bimbingan khusus untuk menurunkan kecemasan pada lansia penderita rheumatoid arthritis yaitu bimbingan keagamaan dengan menekankan pada tuntunan-tuntunan agama Islam dalam menjalani kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Oleh karenanya bimbingan keagamaan untuk mengurangi kecemasan pada lansia penderita rheumatoid arthritis sangatlah penting dan sangat dibutuhkan bagi lansia tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif atau informasi uraian dalam bentuk bahasa atau kalimat dengan menggunakan analisis. Jenis pendekatan ini ialah studi kasus yang di mana meneliti sebuah kasus atau fenomena di tengah masyarakat atau di sebuah instansi.Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sumber data sekunder.Selanjutnya, untuk teknik pengumpulan data yaitu peneliti menggunakan teknik wawancara dan pengamatan (observation).
Kondisi kecemasan lansia sesudah dan sebelum adanya bimbingan keagamaan menunjukkan reaksi atau respon positif di mana lansia merasa hatinya lebih tenang dan yang tadinya tidak melaksanakan kewajiban beribadah tergugah hatinya melakukan kewajiban beribadah tersebut, dan rasa cemas yang dialami lansia pun semakin berkurang dengan berjalannya waktu, maka dengan hal ini lansia sangat memerlukan bimbingan keagamaan terutama bagi lansia yang memiliki penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis. Setelah dilaksanakannya bimbingan keagamaan setiap 1 minggu 1 kali lanjut usia yang menderita rheumatoid arthritis meresakan adanya ketenangan batin, ketentraman jiwa dan rasa cemaspun berkurang karena para lanjut usia mengerti bahwa segala cobaan termasuk cobaan musibah dalam bentuk penyakit itu datang dari Allah SWT namun para lanjut usia juga tetap ikhtiar dan tidak berpangku tangan atas penyakit yang lanjut usia derita. Bimbingan keagamaan di Panti Wredha dilaksanakan 1 kali setiap minggunya setiap hari Kamis pada pukul 08:30-09:30 W.I.B, namun jika pada hari Kamis ada kegiatan lain bisa diganti pada hari yang lain, Karena penyampaian materi agama sangatlah penting terutama untuk para lanjut usia yang haus akan siraman rohani supaya mereka tahu dan faham tentang agama, adapun metode bimbingan keagamaan yang diberikan oleh pembimbing keagamaan ialah menggunakan metode bimbingan kelompok meliputi bimbingan ceramah yang dilaksanakan rutin setiap minggu nya, sedangkan untuk individu ialah memberikan do’a atau sedikit siraman untuk para lanjut usia yang sudah bed rest. Materi-materi yang disampaikan secara runtut dan menyeluruh pun menjadi hal dasar atau hal yang paling utama, karena dengan begitu kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan mudah dipahami oleh para lanjut usia. Adapun materi-materi yang disampaikan oleh para pembimbing dalam melaksanakan kegiatan bimbingan keagamaan ini menekankan pada aspek keagamaan, keimanan, ibadah, dan pendidikan akhlaq atau budi pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; Kecemasan; Lanjut usia; Rheumatoid arthritis; Panti wredha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 May 2021 01:48
Last Modified: 31 May 2021 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics