Implementasi bimbingan rohani Islam dalam menangani kecemasan pada pasien operasi caesar di Rumah Sakit Umum Permata Blora

Mardiyah, Ainul (2020) Implementasi bimbingan rohani Islam dalam menangani kecemasan pada pasien operasi caesar di Rumah Sakit Umum Permata Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016091_Ainul_Mardiyah]
Preview
Text (Skripsi_1501016091_Ainul_Mardiyah)
Skripsi_1501016091_Ainul_Mardiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kehamilan dan kelahiran bayi itu pada umumnya memberi arti emosional yang besar pada setiap wanita. Proses melahirkan pada setiap ibu hamil itu berbeda, dirasa bagi setiap wanita hamil yang akan melahirkan mereka akan merasakan cemas. Kecemasan yang sering terjadi adalah apabila ibu hamil menjelang persalinan yang mengancam jiwanya. Kadang-kadang kecemasan itu menjadi berlebihan dan merugikan sehingga menimbulkan gangguan cemas seperti fobia, perilaku menghindar serta kecemasan yang berulang. Bimbingan rohani Islam termasuk bagian dari dakwah. Dakwah Islam di tempat pelayanan kesehatan perlu sekali ditingkatkan, apalagi pasien dalam kondisi yang labil (sakit) perlu adanya dorongan agar cepat sembuh. Kegiatan dakwah di tempat pelayanan kesehatan tidak akan berhasil tanpa adanya peran aktif dan para rohaniawan, perawat, dan dokter. Maka dari itu untuk menangani kecemasan pada pasien diperlukan tenaga kerohanian.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dimana subjek penelitian adalah pasien operasi caesar yang dirawat di RSU Permata Blora. Penelitian menggunakan pendekatan bimbingan rohani dan sumber data penelitian yang dikumpulkan berupa data primer yang diambil dari sumber berupa wawancara dan observasi dengan petugas bimroh dan pasien operasi caesar di RSU Permata Blora, kemudian sumber data sekunder didapat dari dokumen berupa buku-buku, jurnal dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis.
Penelitian ini memiliki hasil pertama, bahwa petugas rohaniawan yang melakukan bimbingan rohani Islam di RSU Permata Blora menerapkan kunjungan langsung (face to face) kepada pasien operasi caesar untuk mendapatkan pelayanan bimbingan rohani Islam. Penggunaan metode langsung ini dirasa lebih efektif diterima oleh pasien dengan metode dan materi yang sudah dipersiapkan maka itu lebih mudah dipahami pasien. Tugas seorang rohaniawan disini menumbuhkan rasa nyaman dan tenang serta simpatik kepada pasien agar pasien mampu berfikir positif kembali, mengurangi ngeluh, dapat bersabar dan bertawakal. Kedua, melihat kondisi pasien setelah melakukan bimbingan rohani Islam merasa jauh lebih baik, mampu bersabar dan tawakal menghadapi masalahnya. pasien operasi caesar di RSU Permata Blora mengalami penurunan kecemasan. Mayoritas ibu hamil yang akan melahirkan biasanya akan merasakan cemas dan panik terlebih pada pengalaman melahirkan anak pertamanya, seperti yang terjadi pada wanita yang akan melahirkan dengan langkah operasi caesar, kini merasa jauh lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani Islam; Kecemasan; Pasien operasi caesar; Rumah Sakit Umum
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 May 2021 02:10
Last Modified: 31 May 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics