Analisis pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kendal

Lukmanudin, Arif (2020) Analisis pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_132411099_ARIF_LUKMANUDIN]
Preview
Text (SKRIPSI_132411099_ARIF_LUKMANUDIN)
132411099_ARIF LUKMANUDIN_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arif Lukamnudin (132411099), “Analisis Pendistribusian Dan pendayagunaan Zakat Produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kendal”
Zakat merupakan ibadah yang berkaitan dengan ekonomi keuangan dan kemasyarakatan, zakat juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang mempunyai status dan fungsi yang penting dalam syari‟at Islam. Salah satu fungsi zakat yaitu untuk mewujudkan pemerataan keadilan dalam bidang ekonomi. Distribusi dana zakat merupakan salah satu kegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang yang kekurangan, oleh karena itu pendistribusian dana zakat memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Salah satu lembaga zakat yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kendal. BAZNAS merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana Zakat Infak Shodaqoh. Dana yang terhimpun disalurkan dalam berbagai program pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, dan kebencanaan.
Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi pokok permasalahan dalam skripsi adalah bagaimana pendistribusian dana zakat bagi pemberdayaan masyarakat di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten kendal dan faktor penghambat dalam pendistribusian dana zakat bagi pemberdayaan masyarakat di Badan Amil Zakat Nasional kabupaten Kendal. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), di mana data-data yang dipakai adalah data yang diperoleh dari lapangan, yaitu dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kendal. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
Pengelolaan Zakat Produktif di BAZNAS Kabupaten Kendal diantaranya . Pola pendistribusian zakat pola dapat melalui modal, bantuan motivasi moril, pelatihan usaha, pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif tahun 2020 disalurkan melalui Kantor Urusan Agama masing-masing Kecamatan di Kabupaten Kendal yang kemudian diserahkan kepada Mustahiq yang memiliki usaha mikro.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian Zakat; Zakat Produktif; pengelolaan; BAZNAS; Kabupaten Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:22
Last Modified: 07 Jun 2021 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12937

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics