Manajemen kurikulum terpadu (studi Keterpaduan Ilmu Agama Islam dan Ilmu Sains) di SMP IT Luqman al Hakim Slawi

Azzahro, Tazkiyatun Nafsi (2020) Manajemen kurikulum terpadu (studi Keterpaduan Ilmu Agama Islam dan Ilmu Sains) di SMP IT Luqman al Hakim Slawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036033_Tazkiyatun Nafsi Azzahro_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603036033_Tazkiyatun Nafsi Azzahro_lengkap)
1603036033_Tazkiyatun Nafsi Azzahro_Lengkap Tugas Akhir - tazkiyatun azzahro(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan generasi bangsa yang saat ini mengalami degradasi moral. Oleh karena itu, negara perlu mengembangkan Pendidikan karakter. Salah satu satuan Pendidikan yang berusaha menanamkan karakter pada peserta didik yang berkembang di abad modern ini adalah dengan memadukan ilmu sains dengan ilmu agama Islam yang diharapkan mampu melahirkan generasi yang mampu mewujudkan tujuan Pendidikan nasional.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum terpadu di SMPIT Luqman al Hakim Slawi? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum terpadu di SMPIT Luqman al Hakim Slawi? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum terpadu di SMPIT di SMPIT Luqman al Hakim Slawi? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. obyek penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) kegiatan perencanaan kurikulum SMP IT Luqman al Hakim Slawi, mencakup: menyusun tema di setiap kegiatan, memberikan pertanggungjawaban guru atas penilaian dan penanaman karakter peserta didik, penyusunan struktur kurikulum, pembagian/ pendistribusian tugas guru, penyusunan jadwal pelajaran, pembuatan daftar penilaian siswa, pembuatan jurnal guru dan pembuatan kalender akademik sekolah, sementara guru menyiapkan perangkat pembelajaran, memasukkan nilai keIslaman ke dalam materi RPP. (2) implementasi kurikulum SMP IT Luqman al Hakim Slawi menyampaikan apa yang telah disusun dalam RPP dan silabus.(3) Evaluasi kurikulum SMP IT Luqman al Hakim Slawi meliputi evaluasi peserta didik yaitu kemampuan dan pemahaman terhadap pengetahuan yang telah diajarkan dan evaluasi muatan kurikulum berupa pemahaman dan kebiasan menerapkan karakter di lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Implementasi; Evaluasi; Kurikulum terpadu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:24
Last Modified: 02 Jun 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics