Upaya Peningkatan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Menggunakan Lagu Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas B2 Di RA Imama Kedungpani Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020

Mudawamah, Tho’atul (2020) Upaya Peningkatan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Menggunakan Lagu Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas B2 Di RA Imama Kedungpani Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603106076_THOATUL_MUWADAMAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1603106076_THOATUL_MUWADAMAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mufrodat bahasa arab dengan menggunakan lagu pada kelompok B2 di RA Imama Kedungpane Mijen kota Semarang, pada pembelajaran mufrodat bahasa arab dengan menggunakan lagu juga mengandung beberapa aspek yaitu aspek perkembangan bahasa, aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini mengambil fokus permasalah: 1)Bagaimanakah proses pembelajaran menggunakan lagu untuk meningkatkan mufrodat bahasa arab bagi anak usia dini di RA Imama Kedongpani Mijen Semarang ?
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa/i RA Imama kelas B2 yang berjumlah 26 anak laki-laki 14 anak dan perempuan 12 anak. Instrumen dalam penelitian ini peneliti menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang berjudul “peningkatan mufrodat bahasa arab dengan menggunakan lagu”.
Hasil dari penelitian adalah : Penggunaan metode lagu pada pembelajaran mufrodat bahasa arab pada kelas B2 di RA Imama sudah berjalan dengan baik dan metode bernyanyi termasuk metode yang sangat diminati oleh anak usia dini dan mampu meningkatkan semangat anak. Kemudian Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil 62,05%, pada ketrampilan mufrodat bahasa arab dengan menggunakan lagu pada siklus II diperoleh hasil 89,03%. Dengan hasil tersebut bahwa peneliti ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian sebesar 75%. Sedangkan Faktor yang mendukung: adanya semangat dari pendidik untuk menerapkan metode bernyanyi dalam meningkatkan mufrodat bahasa arab, minat/antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab. Sedangkan faktor yang menghambat adalah ramainya peserta didik dalam menggunakan metode bernyanyi, sehingga masih ada beberapa anak yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mufrodat bahasa arab dan lagu/bernyanyi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:28
Last Modified: 02 Jun 2021 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics