Penerapan sistem automasi libsys dalam meningkatkan layanan di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Ratna, Lulut Dwi (2020) Penerapan sistem automasi libsys dalam meningkatkan layanan di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036042_lulut dwiratna_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603036042_lulut dwiratna_lengkap)
1603036042_LULUT DWI RATNA_TUGAS AKHIR - LULUT DWI RATNA UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem automasi perpustakaan merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi pada sebuah perpustakaan secara menyeluruh. hal ini bertujuan untuk mengurangi partisipasi manusia dalam hal ini pustakawan dalam melakukan pekerjaanya. Selain itu kegunaan sistem automasi perpustakaan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di perpustakaan itu sendiri, sehingga pelayanan tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh setiap para pengguna perpustakaan.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu: (1) Bagaimana Penerapan sistem automasi libsys dalam meningkatkan layanan di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus? (2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh pustakawan dan pemustaka dalam Penerapan Sistem Automasi Libsys di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan sistem automasi libsys dalam meningkatkan layanan di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, mencakup pada 3 komponen yaitu input, proses dan output menunjukkan hasil yang cukup baik. (2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh pustakawan dan pemustaka dalam Penerapan Sistem Automasi Libsys di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, untuk pustakawan memiliki kendala pada saat terjadi sebuah permasalahan pada sistem libsys, masih harus mendatangkan petugas dari luar yang berpengalaman dan mampu memperbaiki permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan perpustakaan sendiri belum memiliki Sumber Daya Manusia yang mampu mengatasi masalah seputar sistem automasi libsys tersebut. Sedangkan untuk pengguna atau pemustaka, masih sering menemukan permasalahan pada sistem Online Public Access Catalog yang sering error, yang mengakibatkan pemustaka tidak dapat mengakses dan mencari buku melalui sistem tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Automasi; Kualitas pelayanan perpustakaan; IAIN Kudus
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences
000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:54
Last Modified: 02 Jun 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12948

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics