Manajemen ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMAN 1 Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020

Wati, Ema Manajemen ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMAN 1 Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020. (Submitted)

[thumbnail of 1603036047_Ema Wati_Full Skripsi - ema wati.pdf]
Preview
Text
1603036047_Ema Wati_Full Skripsi - ema wati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMA N 1 Godong Grobogan yang fokus pada manajemennya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMA N 1 Godong Grobogan. Dimana manajemen yang diteliti adalah perencanaan (¬planning), organisasi (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controling).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi dan perpanjangan pengamat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penliti , dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMA N 1 Godong Grobogan tergolong baik. Terbukti dengan kajian yang diteliti menunjukkan bahwa: (1) dalam hal perencanaan, pengelolaan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMA N 1 Godong Grobogan telah menyusun visi, misi, tujuan ekstrakurikuler kerohanian Islam, tujuan program, rencana kerja, dan pembinaan. (2) dalam hal pengorganisasian, SMA N 1 Godong Grobogan telah disusun secara terstruktur. (3) dalam hal pelaksaan, SMA N 1 Godong Grobogan menyusun kurikulum, membuat pembinaan, mengatur sarana prasarana serta sumber dana. (4) dalam hal pengawasan, melakukan pengawasan disetiap kegiatan esktrakurikuler kerohanian Islam serta melakukan evaluasi kegiatan jangka pendek, menengah dan panjang. Kedisiplinan pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam terutama pada anggota rohis dalam mengikuti kegiatan perlu ditingkatkan, serta komitmen pengurus dan pembinaan harus lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler; Kerohanian Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:28
Last Modified: 02 Jun 2021 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics