Peran manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan pendidikan SDN 1 pasar Banggi Rembang

Parlina, Dian (2020) Peran manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan pendidikan SDN 1 pasar Banggi Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_160306063_dian parlina_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_160306063_dian parlina_lengkap)
1603036063_DIAN PARLINA_FULL SKRIPSI - dian parlina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen hubungan masyarakat merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membangun relasi dengan masyarakat, terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan yang menekankan pada partisipasi masyarakat dan orang tua dalam memperhatikan kegiatan belajar mengajar disekolah. Lembaga pendidikan akan mengeluarkan output atau lulusan yang baik apabila proses pendidikan berjalan dengan baik. Proses pendidikan akan berjalan dengan baik apabila lembaga pendidikan sudah memulai dari pendaftaran siswa baru dengan beberapa tes sehingga akan mendapatkan input yang bagus dengan bekerja sama dengan masyarakat.
Penelitian ini mengambil fokus masalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen humas dalam memaksimalkanmutu pendidikan di SD N 1 Pasar Banggi Rembang? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen humas dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD N1 Pasar Bnaggi? 3) Bagaimana evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD N 1 Pasar Banggi?
SD Negeri 1 Pasar Banggi adalah sekolah yang melakukan hubungan dengan masyarakat dengan baik serta membangun relasi dengan lembaga pendidikan yang lain, terbukti SD N 1 Pasar banggi membangun relasi dengan Madrasah Diniyyah bahrul ulum pasar banggi, hingga memenangkan beberapa lomba IMAPSI yaitu lomba yang berkaitan dengan keIslaman. Masyarakat juga tidak kalah dalam mendukung dan berpartipasi dengan adanya kegiatan-kegiatan disekolah.
Keberadaan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan umum, maka manajemen hubungan

masyarkat yang dilaksanakan adalah membantu merealisasikan kegiatan sekolah seperti menjalankan ekstrakurikuler ataupun intra kurikuler. Memberi saran serta inovasi-inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Peranan masyarakat dan wali murid sangat penting. Keberadaan wali murid sangat berkepentingan terhadap lembaga pendidikan. Salah satu bentuk kemitraan itu adalah orang tua bekerja sama dengan guru melalui sosial media untuk mengontrol kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun dirumah.
Hasil penelitian, membuktikan bahwa dengan adanya hubungan masyarakat terutama hubungan guru dengan orang tua dalam menjalin komunikasi yang baik yaitu grup whatsapp yang disitu semua informasi terkait tugas, keperluan siswa serta naik dan turunya prestasi siswa dapat tersampaikan sengan baik, maka dengan hal itu orang tua akan lebih memerhatikan kegiatan belajar mengajar dirumah maupun di sekolah dan secara otomatis mutu pendidikan SD N 1 Pasar Banggi akan meningkat.
Saran bahwa manajemen hubungan masyarakat mampu meningkatkanmutu pendidikan yaitu sekolah lebih memperbanyak jadwal pertemuan dengan humas ekstern yaitu masyarakat, orang tua dan pemerintah desa agar lebih kompak dalam menyusun rencana serta mencapai tujuan pendidikan, seperti ektrakurikuler silat yang diadakan oleh kesiswaan sebaiknya guru olahraga juga ikut berperan aktif dalam aktrakurikuler silat, agar lebih mudah untuk bekerja sama dalam mengadakan ekstrakurikuler lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Humas; Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:45
Last Modified: 03 Jun 2021 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics