Manajemen evaluasi pembelajaran di Madrasah Diniyah Manbaul Uqul Kalisidi Kabupaten Semarang

Fahmi, Ahmad Ilfaul (2020) Manajemen evaluasi pembelajaran di Madrasah Diniyah Manbaul Uqul Kalisidi Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1603036074_Ahmad Ilfaul Fahmi_Sekrisi - Rozy Fachrur.pdf]
Preview
Text
1603036074_Ahmad Ilfaul Fahmi_Sekrisi - Rozy Fachrur.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen dibutuhkan dalam setiap organisasi, tanpa manajemen semua usaha akan sia sia dan semua capaian tidak akan tercapai. Maka dari itu dengan adanya manajeman yang baik tujuan organisasi akan lebih mudah tercapai. Madrasah diniyah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terorganisir mewajibkan adanya sebuah manajemen didalamnya. Tentang bagaimana dalam mengatur sumber daya manusia, mengatur kurikulum, mengatur sarana dan prasarana ,evaluasi sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Hal ini dimaksudkan agar tujuan pendidikan yang ada di madrasah dapat terwujud secara efektif dan efisien.
Penelitian sekripsi ini di bahas melalui studi lapangan yang berada di dalam Madrasah Diniyah Manbaul Uqul. Madrasah tersebut di jadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan manajemen pembelajaran evaluasi di Madrasah Diniyah. temuan yang di dapat dalam pelaksanaan evaluasi menggunakan system mentoring, setiap hari guru melakukan evaluasi kepada murid agar mengetahui hasilnya, di dalam sistem mentoring ada tiga bagian di antaranya menilai segi pemahaman, qiroah, dan kitabah, dan ujian akhirnya menggunakan system munaqosah di Madrasah Diniyah tidak menggunakan ujian persemester.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evalusi di Madrasah Manbaul Uqul Kalisidi dengan sistem mentoring, selain itu juga ada tes munaqosah ketika murid ingin lulus dari Madrasah Diniyah Manbaul Uqul, dalam factor penghambat terkadang murid yang tidak mematuhi peraturan, murid yang kurang persiapan di dalam mengikuti evaluasi pembeljaran, kadang juga peralihan guru badal dan guru asli. Dalam factor pendukung segi lingkunganya sangat mendukung dan guru yang ada di dalamnya sangat ahli dalam bidangnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen evaluasi pembelajaran; Madrasah Manbaul Uqul
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:45
Last Modified: 03 Jun 2021 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics