Studi analisis pengaruh tinggi tempat terhadap hasil akurasi waktu shalat pada aplikasi Android Prayer Times, Qiblah, Adzan v.1.6.7 Brixzen Sofware Developer

Kurniawan, Reza Bagas (2020) Studi analisis pengaruh tinggi tempat terhadap hasil akurasi waktu shalat pada aplikasi Android Prayer Times, Qiblah, Adzan v.1.6.7 Brixzen Sofware Developer. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1402046059_Reza_Bagas_Kurniawan]
Preview
Text (Skripsi_1402046059_Reza_Bagas_Kurniawan)
Skripsi_1402046059_reza bagas kurniawan_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan ibadah shalat merupakan persoalan yang fundamental dalam Islam, pelaksanaanya yang terikat dengan batasan waktu tertentu menjadikan ibadah shalat ini semakin harus diperhatikan pelaksanaanya. Pada era ini perkembangan ilmu falak dan teknologi terus mengupgrade diri. Dengan perkembangan tersebut melahirkan sebuah teknologi yang berhubungan dengan waktu shalat yang berupa aplikasi waktu shalat. Penulis tertarik untuk membahas aplikasi android asli buatan Indonesia yang bernama Prayer times, Qiblah, Adzan V.1.6.7 yang dikembangkan oleh BriXzeN Software Developer dimana aplikasi ini support terhadap ketinggian tempat yang pada umumnya berpengaruh pada koreksi kerendahan ufuk.
Dari sinilah penulis melakukan pembahasan lebih lanjut terkait bagaimana pengaruh dan konsep tinggi tempat yang ada pada aplikasi tersebut, seperti apa tingkat akurasi aplikasi terhadap awal waktu shalat, apakah relevan digunakan masyarakat umum atau harus dikalibrasi terlebih dahulu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data primer dan sekunder. Untuk sumber data primer berupa data yang didapat dari observasi lapangan terkait aplikasi yaitu di ketinggian 0 meter dan 332 meter diatas permukaan laut, analisis pengaruh tinggi tempat terhadap nilai akurasi dari aplikasi ini menggunakan program Jadwal Shalat dari Bimas Islam dan sistem hisab awal waktu shalat dari buku Slamet Hambali sebagai pembanding. Selain itu data sekunder berasal dari hasil wawancara kepada BriXzeN Software Developer sebagai pengembang aplikasi, berbagai buku, tulisan, artikel, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian ini meghasilkan dua temuan; Pertama, konsep tinggi tempat pada aplikasi andoid Prayer times, Qiblah, Adzan V.1.6.7 yang dikembangkan oleh BriXzeN Software Developer ini mengadosi konsep tinggi tempat pada smartphone. Dalam konsep tinggi tempat ini, penulis paparkan bagaimana cara aplikasi mendapatkan data tinggi tempat. Kedua, setelah penulis lakukan observasi, penulis mendapatkan fakta bahwa aplikasi masih memiliki kekurangan di dalam ketinggian 0 meter dan ketika berada ketinggian gedung tertentu sehingga menyebabkan tingkat aplikasi menjadi kurang akurat dari hasil awal waktu shalat yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu shalat; GPS smartphone; Tinggi tempat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:26
Last Modified: 07 Jun 2021 06:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics