Penerapan akhlak tawadhu’ santriwati di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon Tugu Semarang tahun 2019

Finaidamatussilmi, Finaidamatussilmi (2020) Penerapan akhlak tawadhu’ santriwati di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon Tugu Semarang tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133111110_FINADAMATUSSILMI]
Preview
Text (SKRIPSI_133111110_FINADAMATUSSILMI)
133111110_FINAIDAMATUSSILMI_FULL SKRIPSI - Finding Nemo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan akhlak tawadhu’ santriwati di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon Tugu Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya perilaku-perilaku yang kurang pantas di masyarakat terutama tentang membanggakan suatu kelebihan yang dimiliki. Oleh karena nya, peneliti ingin mencari tahu bagaimana akhlak seseorang khususnya santriwati yang notabennya pencari ilmu agama yang dipandang mumpuni sehingga dalam berperilaku sehari-hari menampilkan perilaku yang baik, berakhlakul karimah/berbudi pekerti luhur.
Penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan akhlak tawadhu’ santriwati di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon Tugu Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akhlak tawadhu’ santriwati di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an, Mangkangkulon, Semarang . Diharapkan penelitian ini bisa memberikan pengetahuan bagi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data yakni teknik analisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam berbicara santriwati di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an menggunakan bahasa yang lemah lembut, terutama bila dengan orang yang lebih tua mereka biasanya berbicara dengan bahasa jawa halus (krama inggil). 2) Santriwati berperilaku baik seperti, selalu bertegur sapa tanpa ragu, bersalaman bila bertemu atau hendak pergi keluar pondok, menundukkan badan bila berjalan di depan orang khususnya orang yang lebih tua, saling peduli satu sama lain. 3) Santriwati Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an biasa mengenakan pakaian yang sederhana, tidak terlihat mewah/glamour, mereka biasanya memakai pakaian yang memang nyaman saja tidak terlalu mempedulikan soal merk yang branded/terkenal dan mahal harganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Tawadhu’; Santriwati; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:26
Last Modified: 07 Jun 2021 06:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12958

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics