Implementasi nada muri-Q pada pembelajaran tahfidz Juz’Amma di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang Tahun 2019/2020

Thaher, Vina rizqia (2020) Implementasi nada muri-Q pada pembelajaran tahfidz Juz’Amma di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang Tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_153106010_Vina rizqia Thaher_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_153106010_Vina rizqia Thaher_lengkap)
1503106010_Vina Rizqia Thaher_FULL SKRIPSI - Rizqia Thaher.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi metode Nada Muri-q pada pembelajaran tahfidz juz’amma anak usia dini di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menghafal Al-Qur’an sejak dini. Namun banyak kendala yang dihadapi anak dalam menghafal Al-Qur’an. Diantaranya, anak dibebani dengan metode menghafal yang terkesan monoton dengan tanpa adanya variasi. Bertolak dari hal tersebut, maka dibutuhkan metode menghafal Al-Qur’an yang menyenangkan bagi anak, khususnya bagi siswa kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Maka dari itulah diterapkannya metode Nada Muri-Q di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi Nada Muri-Q dalam pembelajaran Tahfidz Juz’amma di kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang? Dan Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Juz’amma dengan menggunakan Nada Muri-Q di kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistic, dan semua data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi Nada Muri-Q pada pembelajaran Tahfidz Juz’amma di RA Al Khoiriyyah 1 Semarang dapat disimpulkan bahwa metode Nada Muri-Q ini telah menghasilkan kemajuan yang cukup signifikan yakni tercapainya target hafalan. Keberhasilan tersebut di dukung oleh beberapa faktor. Walaupun demikian, penerapan metode Nada Muri-Q pada pembelajaran Tahfidz Juz’’Amma ini juga belum maksimal dikarenakan adanya kendala atau faktor penghambat yang datang dari beberapa aspek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Nada Muri-Q; Pembelajarant tahfidz; RA Al Khoiriyyah 1 Semarang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:49
Last Modified: 05 Jun 2021 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics