Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif Al-Qur’an : kajian tafsir Q.S At-Takwir ayat 19-21

Mukarromah, Mukarromah (2020) Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif Al-Qur’an : kajian tafsir Q.S At-Takwir ayat 19-21. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016091_MUKAROMAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1503016091_MUKAROMAH)
1503016091_Mukarromah_Full Skripsi - Mukarromah _.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru mempunyai peran yang sangat besar dan strategis dalam pendidikan yang belum dapat digantikan oleh apapun. Sebagaimana pentingnya guru dalam pendidikan, kompetensi juga merupakan aspek yang tidak boleh hilang dari pribadi seorang guru, terkhusus kompetensi kepribadian karena guru sebagai sosok teladan dituntut memiliki kearifan dan kebijaksanaan. Namun saat ini, wibawa dan citra seorang guru di mata peserta didik dan masyarakat mulai memudar karena banyaknya pemberitaan mengenai guru yang melanggar norma hukum, norma agama, dan norma sosial yang bertentangan dengan konsep kepribadian guru. Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman bagi orang-orang yang bertakwa, yang di dalamnya banyak membahas terkait dengan pendidikan, baik secara tersirat maupun tersurat. Begitu pula terkait dengan kompetensi kepribadian guru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini telah dirumuskan sebuah masalah; Bagaimana kompetensi kepribadian guru dalam a-Qur’an surah at-Takwir ayat 19-21?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis kompetensi guru dalam al-Qur’an surah at-Takwir ayat 19-21. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi sebagai penyadar terhadap pendidik agar menghasilkan pendidik yang berkepribadian sesuai dengan apa yang terdapat dalam al-Qur’an.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan tema pembahasan yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, seperti al-Qur’an, kitab, buku, jurnal ilmiah, dan dokumen. Adapun metode yang digunakan ialah metode penafsiran tahlili, yakni suatu cara menjelaskan makna al-Qur’an baik perkata maupun per kalimat yang tersusun dengan lantaran menguraikan setiap ayat, kalimat, dan kata agar mampu memberikan penjelasan pada setiap bagiannya.

vi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian yang harus dimiliki guru menurut al-Qur’an surah at-Takwir ayat 19-21 adalah (1) Guru harus memiliki budi pekerti yang mulia karena guru adalah teladan bagi peserta didik. (2) Seorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap dan stabil agar mampu menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. (3) Guru harus memiliki wibawa dan mampu menjaga kewibawaannya, agar peserta didik dengan senang hati menjalankan perintahnya, serta menjauhi larangannya. (4) Guru harus memiliki sifat amanah (dapat dipercaya), karena tugas guru merupakan tugas yang tidak mudah sehingga sifat amanah akan membantunya menjalankan tugasnya dengan ikhlas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian; Guru; Q.S. At-Takwir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 01:39
Last Modified: 03 Jul 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics