Nilai-nilai pendidikan akhlak sosial dalam Q. S. Al-Isra’ ayat 37

Ishlahah, Ishlahah (2020) Nilai-nilai pendidikan akhlak sosial dalam Q. S. Al-Isra’ ayat 37. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016122_ISLAHAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1503016122_ISLAHAH)
1503016122_Ishlahah_Lengkap Tugas Akhir - Islahah Mubiina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak sosial dalam Q.S al-Isra’ ayat 37 dengan rumusan masalah yakni: Bagimana nilai-nilai pendidikan akhlak sosial dalam Q.S al-Isra’ ayat 37?
Penelitian bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak sosial dalam Q.S al-Isra’ ayat 37. S
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Library Research adalah suatu riset pustaka atau kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, mengumpulkan data yang berhubungan dengan penelitian berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Setelah data terkumpul, maka akan dilakukan metode analisis data, dan yang digunakan adalah metode tahlili.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, nilai-nilai pendidikan akhlak sosial yang terdapat didalam Q.S al-Isra’ ayat 37 adalah sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial dan saling membutuhkan satu sama lain tidak sewajanya mempunyai sikap sombong. “Karena sesungguhnya sekali-kali kamu tidak akan mampu menembus bumi dan sekali-kali tidak akan sampai setinggi gunung”. Hal ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk yang kecil. Manusia yang hidup bersama didalam masyarakat tentunya harus mempunyai sosial yang baik guna kebaikan hidup bermasyarakat. Akhlak sosial yang baik sangat harus dimiliki oleh manusia agar terjalin kehidupan bermasyarakat yang tentram dan harmonis, salah satunya ialah sikap tawadhu’, sikap dimana merendahahkan diri berupa pangkat, jabatan, kekayaan, maupun yang lain. Sesungguhnya manusia adalah makhluk yang lemah dan mempunyai banyak keterbatasan yang tidak akan sanggup mencapai sesuatu diluar batas kemampuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak; sosial; sombong
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 01:50
Last Modified: 03 Jul 2021 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics