Ulyanisa’, Roisatul (2020) Korelasi antara mindfulness sufistik dengan acedia (kemalasan) dalam mengerjakan tugas kuliah pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang mengalami prokrastinasi akademik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046008_Roisatul_Ulyanisa’]
Preview
Text (Skripsi_1604046008_Roisatul_Ulyanisa’)
1604046008_Roisatul Ulyanisa__Full Skripsi - Roisatululya nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul “Korelasi antara Mindfulness Sufistik dengan Acedia (Kemalasan) dalam Mengerjakan Tugas Kuliah pada Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang yang Mengalami Prokrastinasi Akademik”. Kemalasan adalah perilaku negatif yang kemungkinan dapat diselesaikan apabila individu menyadarinya. Kesadaran tersebut harus ditumbuhkan pada setiap diri individu, apabila individu menyadarinya maka kemungkinan akan timbul keinginan untuk merubah dan menjalani masa depan dengan lebih baik. Dalam merubah kemalasan, mahasiswa memang harus memiliki kesadaran terhadap diri sendiri, namun kesadaran tersebut akan lebih efektif apabila disertai dengan kesadaran terhadap Tuhan. Yang dimaksud kesadaran terhadap Tuhan disini adalah mahasiswa apalagi mahasiswa muslim harus menerima apa yang Allah SWT gariskan untuknya. Dengan demikian, mahasiswa harus memiliki mindfulness sufistik untuk menekan kemalasan.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang yang mengalami prokrastinasi akademik yang berjumlah 30 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala, yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan Uji Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS versi 22.0 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian tentang korelasi antara mindfulness sufistik dengan kemalasan dalam mengerjakan tugas kuliah pada mahasiswa UIN Walisongo yang mengelami prokrastinasi akademik, diperoleh koefisien product moment sebesar -0,550 dengan skor P-value atau skor sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,01, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi negatif yang sangatsignifikan antara mindfulness sufistik dengan kemalasan dalam mengerjakan tugas kuliah pada mahasiswa yang mengalami prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi mindfulness sufistik maka semakin rendah kemalasan dalam mengerjakan tugas kuliah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mindfulness sufistik; Kemalasan; Tugas kuliah; Prokrastinasi akademik
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:30
Last Modified: 07 Jun 2021 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics