Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ayat teguran : telaah QS. ‘Abasa ayat 1-10

Riyanto, Slamet (2020) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ayat teguran : telaah QS. ‘Abasa ayat 1-10. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_150301643_SLAMET_RIYANTO]
Preview
Text (SKRIPSI_150301643_SLAMET_RIYANTO)
1503016143-Slamet Riyanto-LENGKAP TUGAS AKHIR - Slamet Riyanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ayat teguran (telaah QS. ‘Abasa ayat 1-10). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh melemahnya akhlak dan moral peserta didik seiring dengan berkembangnya zaman. Maka dari itu, penggalian terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak dalam al-Qur‟an harus terus dilakukan dan disosialisasikan sebagai salah satu langkah perbaikan akhlak manusia dalam menjalani kehidupan di dunia agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apasajakah nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam ayat teguran QS. ‘Abasa ayat 1-10?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Library Research adalah suatu riset pustaka atau kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi dokumentasi. Dokumen tersebut bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Setelah data terkumpul, maka akan dilakukan metode analisi data, dan yang digunakan adalah metode tahliliy dan metode content analysis. Melalui cara berfikir induktif dan dengan pendekatan religi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam ayat teguran QS. ‘Abasa ayat 1-10 adalah sebagai berikut:
1. Memberikan penghargaan yang sama
2. Tidak berfikir negatif terhadap orang lain
3. Bersikap cermat dan berhati-hati dalam mengambil suatu tindakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Al Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:01
Last Modified: 03 Jul 2021 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics