Analisis pandangan Ibnu Qudamah tentang awal waktu salat Jumat perspektif fikih dan falak

Siddiq, Fajar (2020) Analisis pandangan Ibnu Qudamah tentang awal waktu salat Jumat perspektif fikih dan falak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046083_Fajar_Siddiq]
Preview
Text (Skripsi_1602046083_Fajar_Siddiq)
Skripsi_1602046083_Fajar Siddiq_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penentuan awal waktu salat merupakan salah satu pembahasan dalam ilmu falak. Ilmu falak mengkonversikan bahasa fikih terkait awal waktu salat ke dalam rumus ilmu falak yang sangat penting untuk penentuan waktu-waktu ibadah dengan menggunakan pergerakan Matahari. Salah satu yang menjadi pembahasan ini adalah penentuan awal waktu salaat Jumat. Memang penetuan awal waktunya disamakan seperti waktu salat Zuhur, akan tetapi ada pendapat lain tentang penentuan awal waktu salat Jumat ini. Pendapat pertama adalah pendapat dari Jumhur Ulama dimana awal waktu salat Jumat adalah setelah Matahari tergelincir. Pendapat kedua adalah pendapat Mazhab Hanbali yaitu Ibnu Qudamah yang mengatakan dalam kitab al-Mugni ̅ bahwa waktu salat Jumat boleh dilaksanakan sebelum Matahari tergelincir. Penulis tertarik melakukan penelitian terhadap pendapat Ibnu Qudamah karena belum ada penelitian yang menyingkap waktu salat Jumat menurut Pandangan Ibnu Qudamah ini. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah analisis pendapat Ibnu Qudamah mengenai awal waktu salat Jumat, dan bagaimanakah analisis pendapat Ibnu Qudamah mengenai awal waktu salat Jumat dalam perspektif falak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber primer yang penulis gunakan adalah kitab al-Mugni ̅. Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah buku-buku fikih dan falak yang membahas awal waktu salat khususnya salat Jumat. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dokumentasi dan penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library Research). Analisis yang digunakan penulis adalah analisis deskriptif yaitu dengan menjelaskan data-data dari kitab al-Mugni ̅ lalu disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal waktu salat Jumat menurut Ibnu Qudamah terdapat dua waktu, yaitu waktu utama dan waktu mubah. waktu utama adalah ketika Matahari tergelincir berdasarkan pada banyak riwayat bahwa Nabi SAW sering melaksanakan pada waktu tersebut. Waktu mubah adalah sebelum tergelincir Matahari. Pendapat Ibnu Qudamah tentang salat Jumat boleh dilaksanaakan sebelum tergelincir Matahari ketika cuaca panas karena adanya masyaqqah yang diqiyaskan kepada masyaqqah untuk menunggu salat Zuhur ketika cuaca panas. Pendapat Ibnu Qudamah mengenai kebolehan melaksanakan salat Jumat sebelum tergelincir Matahari juga merupakan hasil pemahaman Ibnu Qudamah terhadap dalil waktu salat Jumat dengan menggunakan analisis makna isya ̅rah al-naṣ. Menurut perspektif ilmu falak, pendapat Ibnu Qudamah mengenai waktu ke enam sebagai waktu mubah melaksanakan salat jumat adalah satu jam sebelum tergelincir Matahari. Hasilnya adalah waktu ke enam dimulai pada pukul 10:38:1,63. Waktu Utama untuk melaksanakan salat Jumat adalah setelah tergelincir Matahari yang dimulai pada pukul 11 : 40.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal waktu shalat; Shalat Jumat; Ibnu Qudamah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:32
Last Modified: 07 Jun 2021 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics