Penerapan sabar dalam menangani pasien skizofrenia : studi terhadap pemahaman pengasuh di panti pelayanan sosial disabilitas mental Ngudi Rahayu Kendal

Saputra, Abdul Azis (2020) Penerapan sabar dalam menangani pasien skizofrenia : studi terhadap pemahaman pengasuh di panti pelayanan sosial disabilitas mental Ngudi Rahayu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046014_Abdul_Azis_Saputra]
Preview
Text (Skripsi_1604046014_Abdul_Azis_Saputra)
1604046014_Abdul Azis S_Lengkap Tugas Akhir - Abdul Azis S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sabar merupakan kesanggupan mengendalikan diri yang berpusat di hati. Penerapan sabar juga dialami oleh pengasuh Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Ngudi Rahayu Kendal dalam menangani pasien (PM) skizofrenia, seperti membuat keributan atau merusak barang-barang bahkan pertengkaran. Skizofrenia merupakan gangguan yang merusak pikiran atau perilaku maka seringkali membuat emosi pengasuh, sehingga pengasuh di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Ngudi Rahayu Kendal perlu memiliki sifat sabar.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dua permasalahan yaitu: pertama, Bagaimana penerapan sabar pengasuh di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Ngudi Rahayu Kendal dalam menangani pasien (PM) skizofrenia. Kedua, Faktor apa yang mendorong pengasuh di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Ngudi Rahayu Kendal untuk berperilaku sabar dalam menangani pasien (PM) skizofrenia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah pengasuh di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Ngudi Rahayu Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-brntuk penerapan sabar yang dimiliki pengasuh di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Ngudi Rahayu Kendal hanya dimili oleh subjek 1 dan 3, dikarenakan kedua subjek memiliki pemahaman terhadap pasien (PM) skizofrenia. Subjek 3 membuktikan cara menanamkan keyakinan adanya balasan yang baik bagi orang-orang yang sabar. Subjek 1 juga mengusahakan segala macam kebajikan dan menghindari dir melakukan apa saja yang berupa keburukan dan kerendahan ahlak, juga budi pekerti yang hina. Sedangkan untuk subjek 2 belum mampu membuktikan penerapan sabar secara sepenuhnya. Penerapan sabar pada subjek 2 hanya sebatas keyakinan terhadap pemahaman arti sabar secara positif, sehingga subjek meyakini dalam menangani pasien (PM) skizofrenia sangat dibutuhkan kesabaran.
Faktor-faktor yang dapat mendorong pemahaman penerapan sabar seorang pengasuh dalam menangani pasien (PM) skizofrenia adalah: faktor komitmen, faktor keberagamaan (religiusitas) dan faktor penguasaan ilmu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Skizofernia; Sabar; Pelayanan Sosial; Penguasaan ilmu; Disabilitas; Mental
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:33
Last Modified: 07 Jun 2021 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12986

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics