Analisis dampak penerapan kebijakan full day school terhadap pembentukan karakter religius dan kecerdasan spiritual siswa kelas X MIPA di SMAN 3 Semarang

Herdarliana, Erizka Novita (2020) Analisis dampak penerapan kebijakan full day school terhadap pembentukan karakter religius dan kecerdasan spiritual siswa kelas X MIPA di SMAN 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016013_ERIZKA_NOVITA_HERDARLIANA]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016013_ERIZKA_NOVITA_HERDARLIANA)
1603016013_Erizka Novita Herdarliana_Lengkap Tugas Akhir - erizka novita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas analisis dampak penerapan kebijakan full day school terhadap pembentukan karakter religius dan kecerdasan spiritual siswa kelas X Mipa di SMAN 3 Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kebijakan full day school di Kelas X Mipa SMAN 3 Semarang dan untuk mengetahui dampak penerapan kebijakan full day school di kelas X Mipa SMAN 3 Semarang dalam membentuk karater religius dan kecerdasan spritual siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif deskiptif kualitatif dengan lokasi SMAN 3 Semarang. Metode yang digunakan untuk memperoleh data berupa informasi yang mendalam tentang masalah yang akan dipecahkan dengan menggunakan wawancara secara mendalam, observasi berperan serta dalam pengumpulan data dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun sumber data dari penelitian ini yaitu : kepala sekolah, 1 guru PAI, 9 siswa kelas X Mipa dan 2 orang tua. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah : (1) Bagaimana penerapan kebijakan full day school di kelas X Mipa SMAN 3 Semarang?. (2) Bagaimana dampak penerapan kebijakan full day school di kelas X Mipa SMAN 3 Semarang dalam membentuk karater religius dan kecerdasan spritual siswa ?
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya SMAN 3 Semarang menerapkan sistem full day school pada hari Senin sampai hari Kamis dari jam 07.00 WIB dan diakhiri pukul 15.30 WIB dan khusus pada hari Jum’at kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 07.00 WIB dan di akhiri pada pukul 11.30 WIB dan pada hari Sabtu tidak ada kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setelah pulang sekolah, yaitu mulai dari jam 16.00 – 17.30 WIB. Pada pukul 17.30 WIB, sekolah harus sudah bersih dari kegiatan siswa. Sehingga, siswa mempunyai 2 hari libur dalam satu Minggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu.
Dampak dalam penerapan kebijakan full day school terhadap pembentukan karakter religius dan kecerdasan spiritual siswa kelas X Mipa di SMAN 3 Semarang yaitu : (1) Dampak Sosial. Siswa dapat berinteraksi sosial dengan baik kepada seluruh stakeholder di SMAN 3 Semarang, Siswa memiliki rasa empati dan kekeluargaan yang tinggi, siswa tidak bisa mengikuti kegiatan-kegiatan negatif seperti kumpul-kumpul dengan geng motor dan tawuran, Orang tua tidak merasa khawatir karena ada guru yang mengawasi. Adapun dampak negatif dari penerapan kebijakan full day school adalah banyaknya waktu yang dihabiskan disekolah membuat siswa jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumahnya. (2) Dampak Ekonomi, peningkatan biaya yang harus di keluarkan orang tua, namun peningkatan biaya sekolah dapat diatasi dengan membawakan bekal makanan dari rumah atau siswa dapat membeli makan dikantin sekolah dengan harga yang murah. (3) Dampak Psikologis. Siswa menjadi lebih disiplin karena adanya tata tertib dan peraturan, siswa menjadi anak yang rajin, siswa menjadi lebih teratur dalam berpakaian, siswa mungkin mengalami tekanan. karena materi yang diajarkan selama 1 hari sangat banyak. Siswa akan merasa kelelahan apabila ditekan untuk belajar terus-menerus. (4) Dampak karakter religius dan kecerdasan spiritual dari penerapan kebijakan full day school, diantaranya sebagai berikut : Siswa semakin rajin mengerjakan sholat 5 waktu, yakni subuh, dhuhur, ashar, magrib, isya’. Siswa semakin rajin mengerjakan sholat dhuha. Siswa semakin rajin mengerjakan puasa sunah senin - kamis dan puasa Al - Qur’an. Siswa semakin hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru. Siswa semakin menghargai perbedaan agama dan tindakan yang berbeda dengan dirinya (bersikap toleransi).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Full day school; Kecerdasan spiritual; Karakter religius; Pendidikan karakter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:16
Last Modified: 10 Jul 2021 13:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics