Format siaran dakwah pada program Numpang Nampang Pro 2 RRI Semarang

Nugroho, Heni (2020) Format siaran dakwah pada program Numpang Nampang Pro 2 RRI Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026082_HENI_NUGROHO]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026082_HENI_NUGROHO)
SKRIPSI_1501026082_HENI_NUGROHO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

HENI NUGROHO. 1501026082. Skripsi “FORMAT SIARAN DAKWAH PADA PROGRAM NUMPANG NAMPANG PRO 2 RRI SEMARANG”, penelitian ini berawal dari mengingat kenyataan akan perlunya informasi seputar keagamaan bagi masyarakat khususnya para remaja dan guna mendukung sampainya informasi tersebut, maka perlu dievaluasi dari berbagai sudut terutama format siarannya, khususnya pada Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dalam menghadapi sasaran dakwahnya ditengah kemunculan radio dakwah. Pro 2 RRI Semarang merupakan salah satu channel yang ada di RRI Semarang yang siarannya membidik kawula muda turut melakukan dakwah melalui siaran radio. Walaupun Pro 2 memiliki segmentasi pendengar remaja, namun tidak semua program yang ada didalamnya adalah tentang informasi dan gaya hidup anak muda. Program Numpang Nampang merupakan salah satu program di Pro 2 RRI Semarang yang dalam rangkaian programnya disajikan konten religi, yaitu siaran kultum. Disinilah kreatifitas dari pengelola program radio siaran sangat dibutuhkan dalam mengemas program siaran radio. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui format siaran dakwah pada program numpang nampang Pro 2 RRI Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Format siaran dakwah pada Program Numpang Nampang Pro 2 RRI Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang penulis lakukan pada Program Numpang Nampang di Pro 2 RRI Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rangkaian siaran radio pada Program Numpang Nampang terdiri dari tiga format siaran radio. Pertama, format informasi yang disajikan pada segmen numpang nampang dialog. Kedua, format khusus (specialty) yang disajikan pada segmen siaran kultum. Ketiga, format musik yang disajikan pada segmen Just More Music. Siaran kultum menjadi satu-satunya konten religi pada Program Numpang Nampang berupa rekaman materi keagamaan yang tujuannya untuk menambahkan keimanan pada remaja. Siaran kultum menggunakan format dakwah monologis berupa uraian materi keagamaan. Format siaran kultum dikemas dalam bentuk ceramah oleh seorang da’i (narasumber) yang ceramahnya diambilkan dari sumber Al-Qur’an dan hadits, dengan memberikan tema yang sesuai sentral keagamaan. Kedua yaitu format dakwah dalam bentuk motivasi yaitu mengemas acara khusus dengan cara menyisipkan atau memberikan kata mutiara hikmah berupa quote singkat keagamaan didalam uraian monolog yang disajikan oleh narasumber.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Radio; Format Siaran; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:35
Last Modified: 07 Jun 2021 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics