Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa di SMAN I Bandar Batang

Setiowati, Wiwit (2020) Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa di SMAN I Bandar Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016016_WIWIT_SETIOWATI]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016016_WIWIT_SETIOWATI)
1603016016_Wiwit Setiowati_Full Skripsi - Wiwit Setiowati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skirpsi ini membahas Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Keagamaan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana tingkat keaktifan siswa SMA N 1 Bandar Batang dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah, bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMA N 1 Bandar Batang, serta apakah terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bandar Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adakah Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Keagamaan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang.
Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang Bagaimana Keaktikan siswa dalam Kegiatan Keagamaan (variabel X) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang (variabel Y).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Selanjutnya dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan di SMA N 1 Bandar Batang, peneliti mendapatkan data bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan (X) dengan rata-rata sebesar 43,86 dibulatkan menjadi 44 yaitu berada pada interval 40-46 yang berarti keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan (X) tergolong ke dalam kategori “Sedang”. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang (Y) memiliki rata-rata sebesar 87,8498 yang dibulatkan menjadi 88 yang berada pada interval 85-89 yang berarti hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang (Y) tergolong ke dalam kategori “Sedang”. Analisis uji hipotesis diperoleh persamaan regresi Y ̂=79,39326+0,19277X. Hasil F_hitung sebesar 13,59 lebih besar dari F_tabel baik pada taraf signifikansi 1% yaitu F_tabel=6,74 maupun pada taraf signifikansi 5% yaitu F_tabel=3,88. Karena F_hitung>F_tabel maka hasil perhitungan di atas menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan
antara keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang sehingga hipotesis diterima. Artinya semakin aktif siswa dalam kegiatan keagamaan, maka semakin meningkat pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang.
Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar kecilnya kontribusi variabel X (keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan) terhadap variabel Y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang) dapat diwakili oleh besarnya koefisien determinasi yang dinotasikan dalam angka R^2 (R Square) adalah sebesar 0,06 yang artinya besar pengaruh variabel X (keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan) terhadap variabel Y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang) adalah 6% sisanya sebesar 94% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Sehingga dapat dinyatakan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan; kegiatan keagamaan; budi pekerti
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:27
Last Modified: 05 Jun 2021 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12993

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics