Pesan dakwah tentang sedekah dalam film pendek karya Daqu Movie

Apriliani Abdul, Wahid (2020) Pesan dakwah tentang sedekah dalam film pendek karya Daqu Movie. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026109_APRILIANI_ABDUL_WAHID]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026109_APRILIANI_ABDUL_WAHID)
SKRIPSI_1501026109_APRILIANI_ABDUL_WAHID.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Daqu Movie sebagai rumah produksi dengan komunitas “Film Maker Muslim” telah memproduksi 1 film layar lebar, 48 judul film pendek dan 9 judul web series yang mengangkat tema ajaran agama islam. Beberapa di antaranya mengangkat tema tentang sedekah. Dakwah merupakan suatu amalan mengajak kepada kebaikan dan melarang kepada keburukan. Sedekah menjadi salah satu perintah di dalam dakwah itu sendiri. Daqu Movie menghadirkan film pendek tentang sedekah sebagai sarana untuk mengajak penonton agar selalu berbuat kebaikan salah satunya dengan besedekah. Peneliti ingin meneliti film pendek karya Daqu Movie yaitu film “Salah Sedekah” “Sedekah Mulia” dan “Kaya Tanpa Harta”. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah “Apa saja pesan dakwah tentang sedekah yang terdapat dalam film pendek karya Daqu Movie?” dan “Bagaimana teknik penyampaian pesan dakwah tentang sedekah dalam film pendek karya Daqu Movie?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan pesan dakwah tentang sedekah serta teknik penyampaian dalam film pendek “Salah Sedekah” “Sedekah Mulia” dan “Kaya Tanpa Harta” karya Daqu Movie. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) menurut Krippendorf. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi film pendek “Salah Sedekah” “Sedekah Mulia” dan “Kaya Tanpa Harta” yang diunggah oleh akun channel youtube Film Maker Muslim melalui situs www.youtube.com.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 11 pesan dakwah tentang sedekah yaitu sedekah harta, tasbih, tahmid, tahlil dan takbir, bekerja dan memberikan nafkah kepada keluarga, memberikan nasihat, menjenguk orang sakit, memberikan pekerjaan dan informasi kerja, amar maruf nahi munkar, membantu urusan orang lain, meminjamkan suatu harta, memberikan makan dan minum, dan berwajah manis/memberikan senyuman. Dan teknik penyampaian pesan yang ditinjau dari segi audio yaitu dialog dan musik (efek suara dan ilstrasi musik) serta dari segi visualnya yaitu adegan, setting (lokasi, waktu dan suasana), dan teknik pengambilan gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Media dakwah; Sedekah; Film pendek
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:42
Last Modified: 07 Jun 2021 06:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics