Teknik penulisan pesan dakwah tentang jilbab dan niqob dalam buku “Jilbab Yes Niqob No” karya KH. Fadlolan Musyaffa’

Putri, Aldini Noviana (2020) Teknik penulisan pesan dakwah tentang jilbab dan niqob dalam buku “Jilbab Yes Niqob No” karya KH. Fadlolan Musyaffa’. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026111_ALDINI_NOVIANA_PUTRI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026111_ALDINI_NOVIANA_PUTRI)
SKRIPSI_1501026111_ALDINI_NOVIANA_PUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berawal dari munculnya fenomena niqob yang sedang terjadi di kalangan Muslimah Indonesia, mengakibatkan adanya keresahan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya kaum wanita. Keresahan tersebut berasal dari serangan yang dilakukan oleh kaum niqob kepada kaum non niqob (berjilbab). Sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbanyak, peran da’i sangatlah penting untuk menjadi penengah sekaligus pemberi solusi masalah yang dirasakan kaum Muslimah tersebut. KH. Fadlolan Musyaffa’ adalah seorang (da’i) yang menyampaikan pesan dakwah tentang jilbab dan niqob melalui media buku. Dalam penyampaian pesannya, KH. Fadlolan Musyaffa’ menggunakan metode dialog yang ditulis secara sederhana agar mudah dipahami oleh pembaca (mad’u).
Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana teknik penulisan pesan dakwah tentang jilbab dan niqob dalam buku “Jilbab Yes Niqob No” karya KH. Fadlolan Musyaffa’. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang peneliti gunakan sepenuhnya dari buku “Jilbab Yes Niqob No” karya KH. Fadlolan Musyaffa’. Cara peneliti dalam mengumpulkan data dengan metode dokumentasi. Adapun langkah dalam menganalisis data yang penulis gunakan ada lima langkah: pembentukan data, menentukan unit sampling, melakukan pencatatan (unit pencatatan), menentukan unit konteks, dilanjutkan dengan menganalisis data.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa teknik penulisan pesan dakwah tentang jilbab dan niqob dalam buku “Jilbab Yes Niqob No” mengandung sembilan karakteristik teknik penulisan karya ilmiah populer. Karakteristik tersebut meliputi: menarik perhatian pembaca, isi tulisan memikat, penulis melakukan kontekstualisasi data, bahasa yang digunakan adalah bahasa umum, struktur kalimat yang digunakan adalah kalimat aktif, gaya penulisan tidak baku, informasi dipaparkan dalam bentuk narasi, uraian yang dipaparkan menarik, dan mengandung pesan agar pembaca melakukan sesuatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik penulisan; Ilmiah populer; Pesan dakwah; Jilbab; Niqob; KH. Fadlolan Musyaffa’
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:50
Last Modified: 07 Jun 2021 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics