Pembelajaran Al-Qur’an braille bagi anak tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal

Afiani, Prastika (2020) Pembelajaran Al-Qur’an braille bagi anak tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_PRASTIKA_AFIANI]
Preview
Text (SKRIPSI_PRASTIKA_AFIANI)
1603016022_Prastika afiani_Lengkap Tugas Akhir - prastika afiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran al-Qur’an Braille pada peserta didik tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan dalam proses belajar mengajar al-Qur’an untuk peserta didik tunanetra dengan sekolah umum lainnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pembelajaran al-Qur’an Braille bagi anak tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal? (2) Apa saja problematika dalam pembelajaraan al-Qur’an Braille bagi anak tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal? (3) Bagaimanakah solusi/ problem solving pembelajaran al-Qur’an Braille bagi anak tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan student center yang dilaksanakan di SMPLB Swadaya Kendal. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber untuk peneliti mendapatkan informasi mengenai pemelajaran al-Qur’an Braille pada anak tunanetra. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi analisis.
Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran al-Qur’an di SMPLB Swadaya Kendal menggunakan modul al-Qur’an braille. Sebelum ke al-Qur’an diajarkan iqra’ braille terlebih dahulu. Anak-anak belajar setiap hari pukul 07.00 - 07.30 untuk pembelajaran membaca al-Qur’an Braille (setoran) dan pada hari senin pukul 12.30 untuk pembelajaran menulis al-Qur’an Braille yang dilakukan di kelas tunanetra. Pembelajaran menggunakan metode drill dan model active learning. (2) Problematika yang dialami yaitu tidak terdapat RPP dan silabus, hanya memiliki kurikulum yang dibuat oleh guru al-Qur’an braille itu sendiri, waktu yang kurang untuk melaksanakan pembelajaran al-Qur’an Braille, minimnya sarana prasarana, keterbatasan fisik pada peserta didik, motivasi belajar yang tidak stabil, perbedaan daya tangkap peserta didik dalam menerima pembelajaran al-Qur’an Braille, kurangnya bimbingan dari orang tua. (3) Solusi/ problem solving yang dilakukan yaitu menjalankan kurikulum yang telah dibuat dengan efektif, guru mencari waktu yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran al-Qur’an Braille, memanfaatkan sarana prasana yang tersedia dengan maksimal, memberikan pembelajaran yang efektif, menerapkan metode, model yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, dan memanfaatkan media pembelajaran, guru mengajarkan secara individual sesuai kemampuan peserta didik supaya mendapat hasil yang maksimal, ketika di rumah orang tua bisa membimbing anaknya, bisa mengarahkan dan mengevaluasi langsung terhadap kemampuan anaknya.
Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran al-Qur’an Braille bagi tunanetra di SMPLB Swadaya Kendal lebih meningkatkan pembelajarannya, meningkatkan bimbingan membaca al-Qur’an Braille dengan menambah jam belajar, lebih memanfaatkan media yang sudah tersedia dan menambah sarana prasana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an braille; tunanetra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:48
Last Modified: 03 Jul 2021 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics