Analisis jenis gerhana yang dihasilkan oleh volvelle inovasi

Nashihah, Lauhatun (2020) Analisis jenis gerhana yang dihasilkan oleh volvelle inovasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046084_Lauhatun_Nashihah]
Preview
Text (Skripsi_1602046084_Lauhatun_Nashihah)
1602046084_Lauhatun Nashihah_Skripsi Full REVISI - Lauha Nashiha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Volvelle Inovasi karya Ehsan Hidayat merupakan instrumen penentu waktu gerhana hasil modifikasi ulang (pengembangan) atas Volvelle karya Philippe de La Hire. Volvelle Inovasi ini memiliki beberapa komponen tambahan dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi dari Volvelle Inovasi seperti dalam penambahan fitur hari, pasaran dan piringan F. Pada piringan F terdapat kurva gerhana sebagai alat bantu untuk mengetahui jenis gerhana. Sebagai instrument dua dimensi tentunya ini sangat mempermudah dalam membantu perhitungan gerhana yang dari dulu sudah terkenal lama. Namun sayangnya belum ada pedoman khusus mengenai jenis gerhana dalam instrument Volvelle Inovasi. sehingga dapat memicu kesalahanpahaman dan perbedaan dalam membaca instrument Volvelle Inovasi terkait jenis gerhana.
Dari permasalahan tersebut penulis merasa tertarik untuk mengetahui faktor apa yang dapat menjadikan perbedaan jenis gerhana antara Volvelle Inovasi dengan NASA sebagaimana yang telah kita ketahui tingkat keakuratan NASA sudah tinggi. Kemudian bagaimana solusi dari masalah tersebut, sehingga tidak akan ada lagi pembaca yang keliru dalam menentukan jenis gerhana sebagaimana ilutrasi yang ditampilkan oleh Volvelle Inovasi
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research) dengan melalui metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi terkait Volvelle hasil pengembangan kepada Ehsan Hidayat. Kemudian pada tahap analisis data yang telah penulis peroleh kemudian dianalisis secara deskriptif selain itu penulis juga melakukan analisis secara komparatif dengan data NASA dan Time And Date untuk mengetahui tingkat validitas jenis gerhana yang dihasilkan oleh Volvelle Inovasi.
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu, pertama faktor penentu perbedaan jenis antara Volvelle Inovasi dengan nasa adalah Volvelle Inovasi hanya menggunakan nilai argument lintang Bulan (nilai F) tanpa menggunakan perhitungan magnitude dan gamma dalam penentuan jenis gerhana sedangkan dalam NASA menggunakannya. Kedua, meskipun Volvelle Inovasi hanya mengandalkan nilai F sebagai penentu gerhana namun nilai validitasnya jika dibandingkan dengan NASA terbilang cukup Valid.
Dari hasil penelitian ini penulis berhasil menemukan temuan baru yaitu membuat tabel pedoman baru tentang jenis gerhana pada Volvelle Inovasi yang dapat digunakan selama periode epoch Volvelle Inovasi (tahun 1901 hingga tahun 2100)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerhana; Matahari; Bulan; Volvelle Inovasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:53
Last Modified: 07 Jun 2021 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13006

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics