Manajemen siaran program Mutiara Hikmah di Batik TV Pekalongan

Taufiq, Muhamad (2020) Manajemen siaran program Mutiara Hikmah di Batik TV Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026115_MUHAMAD_TAUFIQ]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026115_MUHAMAD_TAUFIQ)
SKRIPSI_1501026115_MUHAMAD TAUFIQ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (883kB) | Preview

Abstract

Industri penyiaran telah mencapai tingkat persaingan yang sangat tajam sehingga dibutuhkan manajemen yang baik untuk memenangkan persaingan dalam industri media penyiaran. Batik TV Pekalongan adalah satu dari stasiun televisi lokal yang mencoba memberikan program-program menarik dan berkualitas. Program Mutiara adalah salah satu bukti bagaimana Batik TV mencoba mengambil peran sebagai salah satu alternatif media edukasi agama kepada masyarakat Pekalongan. Program Mutiara Hikmah merupakan program religi yang tayangkan di Batik TV, setiap seminggu sekali yaitu pada hari jum’at pukul 17.30-18.00 Wib.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis domain, yaitu menganalisis gambaran-gambaran dari obyek penelitian, mengenai manajemen siaran dalam program mutiara hikmah di Batik TV Pekalongan. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui manajemen siaran program mutiara hikmah di Batik TV Pekalongan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik TV Pekalongan telah menerapkan manajemen penyiaran dalam program Mutiara Hikmah yang terbagi ke dalam empat proses, yaitu perencanaan (planning) dimulai dari tahapan perencanaan strategis dan perencanaan operasional kerja. Pengorganisasian (organizing) yakni dengan mengorganisasikan kerabat kerja sesuai dengan job disk masing-masing. Pengarahan dan memberikan pengaruh (directing/influencing) yakni dengan memberikan arahan kerabat kerja sesuai dengan tugas serta wewenangnya masing-masing. Tahapan terakhir yakni pengawasan (controling) yang dilakukan dalam program ini adalah menentukan alat standar keberhasilan program dan evaluasi disetiap akhir kegiatan produksi.
Batik TV Pekalongan dapat disimpulkan dari hasil penelitian yang penulis amati, bahwa Batik TV Pekalongan telah berhasil menerapkan manajemen siaran dalam program Mutiara Hikmah. Namun belum sepenuhnya berhasil, karena masih banyak kekurangan seperti adanya keterbatasan alat dalam proses produksi, jumlah SDM yang tidak sesuai dengan banyaknya program yang ada di Batik TV dan juga masih banyak masyarakat yang lebih suka program hiburan dari pada program keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen siaran; Program televisi; Mutiara hikmah; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:59
Last Modified: 07 Jun 2021 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics