Rifkiana, Shifa (2020) Peran MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al Mu’tabaroh an-Nahdliyyah) dalam membentuk konsep diri pada mahasiswa : studi terhadap mahasiswa anggota MATAN di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046051_Shifa_Rifkiana]
Preview
Text (Skripsi_1604046051_Shifa_Rifkiana)
1604046051_SHIFA RIFKIANA_Full Skripsi - Shifa Rifkiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa Ahli at Tariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah merupakan organisasi thariqah kepemudaan yang menjadi sarana kawah candra dimuka dalam upaya mensinergikan kedalaman spiritual dan ketajaman intelektual jiwa pemuda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini: (1) Mengetahui Peran MATAN terhadap pembentukan konsep diri pada mahasiswa anggota MATAN di UIN Walisongo, (2) Mengetahui konsep diri mahasiswa anggota MATAN di UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunaan metode pendekatan mix methods (penelitian campuran) yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumen dan juga skala. Skala konsep diri yang digunakan diadopsi dari Annisa Devy Anggraini, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah seluruh anggota MATAN di UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif campuran, untuk menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi MATAN mempunyai peran membentuk konsep diri mahasiswa dengan sarana kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi MATAN tersebut. Kegiatan-kegiatan yang ada di organisasi MATAN dilandasi oleh asasul khomsah. Berdasarkan analisis skala konsep diri, 4 (13,3%) mahasiswa memiliki konsep diri positif yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi, 25 (83,3%) mahasiswa memiliki konsep diri positif yang termasuk dalam kategori tinggi dan 1 (3,3%) mahasiswa memiliki konsep diri positif yang termasuk kedalam kategori sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; Mahasiswa; Tarekat
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.48 Sufi orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:15
Last Modified: 26 Jul 2021 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics