Analisis metode image processing LFNU Ponorogo untuk rukyatul hilal : studi kasus di Balai Rukyat Ibnu Syatir PP Al-Islam Joresan, Ponorogo

Kirom, M. Zaidul (2020) Analisis metode image processing LFNU Ponorogo untuk rukyatul hilal : studi kasus di Balai Rukyat Ibnu Syatir PP Al-Islam Joresan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046086_M. Zaidul Kirom]
Preview
Text (Skripsi_1602046086_M. Zaidul Kirom)
1602046086_M. Zaidul Kirom_Full Skripsi - M Zaidul Kirom.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

LFNU (Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama) Ponorogo menyadari akan pentingnya kenampakan hilal untuk kepentingan ibadah bagi umat Islam. Laporan kenampakan hilal yang biasanya hanya sebatas kesaksian dan sumpah selalu menuai perdebatan, khususnya pada bulan Ramadhan, Syawal dan Zulhijah. Untuk menghasilkan bukti otentik atas kenampakan hilal, LFNU Ponorogo menggunakan metode image processing dalam proses rukyatul hilal. Perpaduan antara teleskop dan kamera digital ataupun kamera astronomi CCD, dan metode image processing melalui komputer menjadi sebuah solusi yang tepat dalam keberhasilan untuk melihat hilal. Kajian terkait analisis metode image processing LFNU Ponorogo untuk rukyatul hilal adalah bentuk penelitian lebih lanjut terhadap penelitian sebelumnya yang membahas keabsahan hasil hilal teknik astrofotografi dengan metode image processing BMKG untuk rukyatul hilal, yaitu sebuah tesis milik Riza Afrian Mustaqim. Metode image processing LFNU Ponorogo beberapa kali berhasil mengabadikan citra hilal. Permasalahan yang timbul adalah metode image processing milik LFNU Ponorogo memiliki perbedaan dengan metode image processing milik BMKG. BMKG merupakan lembaga resmi pemerintah yang sudah mapan dalam menerapkan metode image processing dan mempunyai tugas untuk melaporkan hasil rukyat. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu (1) Mengetahui karakteristik metode image processing LFNU Ponorogo untuk rukyatul hilal (2) Mengetahui validitas metode image processing LFNU Ponorogo untuk rukyatul hilal.
Penelitian ini merupakan kategori Field Research (penelitian lapangan) dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah data-data yang didapatkan di lapangan seperti wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekundernya adalah data-data yang berkaitan dengan penelitian seperti buku-buku terkait image processing dan ilmu falak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan metode image processing LFNU Ponorogo untuk rukyatul hilal merupakan pengolahan pada citra hilal sebagai verifikasi keberadaan hilal pada citra. Metode image processing LFNU Ponorogo memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan metode image processing milik BMKG untuk rukyatul hilal, yaitu mulai dari instrumen yang digunakan yang bisa didapatkan dengan harga yang sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan instrumen milik BMKG, hingga penggunaan modus video dalam pengambilan data mentah untuk diolah menggunakan aplikasi IRIS. (2) Metode image processing LFNU Ponorogo menurut BMKG, dapat dikatakan valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, walaupun mempunyai metode yang berbeda. Hal ini dibuktikan dengan kesesuaian dalam komponen-komponen image processing-nya dan teknik analisis hilal yang sudah memenuhi standar metode image processing pada BMKG.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Image Processing; LFNU Ponorogo; Rukyatul Hilal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:00
Last Modified: 09 Jun 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics