Kesetaraan gender dalam film Hanum dan Rangga: Faith and the City menurut perspektif Islam

Putri, Ratna Ariani (2020) Kesetaraan gender dalam film Hanum dan Rangga: Faith and the City menurut perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026117_RATNA_ARIANI_PUTRI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026117_RATNA_ARIANI_PUTRI)
SKRIPSI_1501026117_RATNA_ARIANI_PUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam tidak pernah menomorduakan perempuan. Laki-laki dan perempuan derajatnya sama disisi Allah SWT, yang membedakannya adalah tingkat ketakwaannya. Tewujudnya kesetaraan laki-laki dan perempuan apabila keduanya memiliki akses, berpartisipasi, kontrol serta memperoleh manfaat dalam segala aspek termasuk pembangunan. Namun, realitas masyarakat berbeda. gender dianggap sesuatu yang kodrati dan tidak bisa dipertukarkan nilainya sehingga perempuan dianggap lebih cocok di rumah dengan tugas mengasuh, mendidik anak dan mengurus pekejaan rumah. Film ini seperti memangkas anggapan tersebut. Perempuan juga bisa memperoleh hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri. Dari pemaparan tersebut timbul rumusan masalah yaitu bagaimana kesetaraan gender dalam film Hanum dan Ranga: Faith and The City menurut perspektif Islam.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesetaraan gender dalam film Hanum dan Ranga: Faith and The City menurut perspektif Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi menurut Krippendorf. Metode penelitian menggunakan dokumentasi video dari film Hanum dan Ranga: Faith and The City.
Berdasarkan data yang diteliti hasil penelitian menunjukkan adanya kesetaraan gender yang sesuai dengan ajaran Islam. Kesetaraan dalam bidang pekerjaan yaitu dalam mengembangkan potensi dan kemampuan dimana laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam meraih prestasi dan dalam pembagian upah dimana kesetaraan upah antara laki-laki dan perempuan sama dengan pekerjaan yang sama pula. Kesetaraan dalam kedudukan rumah tangga yaitu dalam mengurus pekerjaan rumah yang tidak dibebankan oleh salah satu jenis kelamin saja dan dalam mengambil keputusan dimana suami istri berpartisipasi dalam mengambil keputusan yang menyangkut masa depan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan gender; Islam; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:01
Last Modified: 09 Jun 2021 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics