Nilai moral dalam tayangan video Bats Channel “Cerita Kehidupan” di Youtube

Marhadika, Khaqim Novi (2020) Nilai moral dalam tayangan video Bats Channel “Cerita Kehidupan” di Youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRISPI_1501026118_KHAQIM_NOVI_MARHADIKA]
Preview
Text (SKRISPI_1501026118_KHAQIM_NOVI_MARHADIKA)
SKRISPI_1501026118_KHAQIM_NOVI_MARHADIKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Video “cerita kehidupan” di channel youtube bats channel merupakan karya anak muda di daerah Tulungagung, Jawa Timur, dalam video tersebut menggambarkan tentang kehidupan remaja sehari – hari di desa. Video cerita kehidupan memiliki 32 episode setiap episode mempunyai durasi waktu yang berbeda-beda. Video cerita kehidupan di channel Youtube “bats channel” dijadikan sebagai media penyampaian pesan edukasi maupun pesan moral yang dikemas dalam bentuk komedi, dari hal tersebut penulis ingin meneliti video bats channel dengan mengambil subjek penelitian video bats channel “cerita kehidupan”. Penulis mengambil rumusan masalah Bagaimana nilai moral dalam tayangan video bats channel “cerita kehidupan” di youtube ?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan nilai moral dalam video bats channel “cerita kehidupan” di youtube. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu isi menurut Krippendorf. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi yang berisi episode “Kerja Yang Semangat”, “Kisah Hidup Agus”, “Pengajian”, “Ritual”, “Perang Melawan Hawa Nafsu”, “Agus Ketahuan Mokel”, yang diunduh melalui situs www.youtobe.com.
Hasil yang peneliti peroleh dari episode “Kerja Yang Semangat”, “Kisah Hidup Agus”, “Pengajian”, “Ritual”, “Perang Melawan Hawa Nafsu”, “Agus Ketahuan Mokel”, terdapat lima nilai moral yang diukur sesuai indikator-indikator moral dan diterapkan dalam video bats channel “cerita kehidupan” di youtube yaitu: Moral pribadi diantaranya mandiri dan menyesal, moral berkeluarga yaitu tanggungjawab mengarahkan dan mendidik, moral bermasyarakat berupa saling tolong menolong, moral bernegara yaitu cinta tanah air, moral beragama meliputi bersyukur, beribadah, niat dan bertaubat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Moral; Youtube; Krippendorf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:04
Last Modified: 09 Jun 2021 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics